Ternyata, Ini Fungsi Pusar

  • Sabtu, 17 Juni 2017 14:24 WIB

Tali pusar bayi dalam kandungan. Foto: creative commons

Coba perhatikan perutmu! Pasti di sana ada lubang atau tonjolan kecil bernama pusar. Tahukah kamu, apa fungsi pusar?

Saluran makanan

Bayi yang ada di dalam kandungan juga memerlukan makanan. Jika tidak makan, bayi yang ada di dalam kandungan tidak bisa tumbuh dengan baik. Bayi yang ada di dalam kandungan akan mengonsumsi zat-zat yang ada di dalam makanan ibunya. Zat-zat makanan itu akan masuk melalui saluran panjang yang terhubung dengan perut bayi.

Saat bayi lahir, saluran panjang yang terhubung dengan perut bayi akan dipotong dan meninggalkan bekas. Nah, bekas potongan itulah yang disebut dengan pusar. Oiya, pusar setiap orang berbeda-beda, ada yang menonjol keluar dan ada yang menonjol ke dalam.

Beberapa hewan punya pusar

Hewan yang masuk ke dalam golongan mamalia, seperti kucing dan anjing biasanya memiliki pusar. Tetapi, hewan yang ditetaskan oleh sebuah telur biasanya tidak memiliki pusar, karena makanan mereka berasal dari kuning telur, bukan dari induknya.

Dibersihkan

Pusar harus rajin dibersihkan. Jika tidak, kotoran akan menumpuk di sana. O iya, kulit yang menutupi pusar tidak setebal kulit yang menutupi bagian perut lainnya. Jadi, selalu berhati-hati saat membersihkan pusar. Jangan sampai pusar kita terluka saat dibersihkan.

Foto: pixabay.com  

Reporter : willa widiana
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Maguette, Si Putri Pemarah

12 jam yang lalu

Cerita

Cerita

Ditukar dengan Singkong

15 jam yang lalu

Cerita

Pisang Lompat Tali

18 jam yang lalu

Cerita

Pohon Topi

16 jam yang lalu

Cerita

Dibayar dengan Senyum

8 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×