Triathlon, Gabungan 3 Jenis Olahraga Sekaligus

  • Sabtu, 13 Januari 2018 17:01 WIB

Triathlon cabang olahraga atletik yang menggabungkan 3 jenis olaharaga sekaligus | Sumber Ilustrasi : Ode*

Bobo.id - Siapa yang tahu triathlon? Yup, cabang olahraga atletik ini menggabungkan 3 jenis olahraga sekaligus. Seperti apa, ya?

3 Jenis Olahraga

Namanya Triathlon. Dalam bahasa Yunani, kata Athlon artinya kontes. Olahraga ini menguji ketahanan fisik, soalnya olahraga ini terdiri dari 3 macam cabang olahraga, yakni renang, lari, dan sepeda.

Nah, setiap cabang olahraganya, mempunyai jarak tempuh yang berbeda-beda. Jadi, setiap atlet yang sedang mengikuti olahraga triathlon, harus menyelesaikan satu cabang olahraga dulu, baru melanjutkan ke cabang olahraga lainnya.

Pantas saja, membutuhkan fisik yang kuat. Selain itu, strategi dalam mengatur tenaga juga diperlukan dalam olahraga ini, lo. Tujuannya, supaya tenaga kita tetap terjaga selama perlombaan. Atlet yang berhasil menyelesaikan olahraga ini disebut Ironman.

Masuk Olimpiade

Olahraga triathlon pertama kali diciptakan oleh Scott Tinley dan pertama kali dilombakan di Perancis sekitar tahun 1920-1930. O ya, olahraga triathlon masuk ke dalam Olimpiade pada tahun 2002 di Sydney.

Nah, beberapa waktu lalu, Quaker Oats mendukung acara Kids Triathlon 2017. Perlombaan itu berlangsung di Klub Kelapa Gading, Jakarta.

Kompetisi ini dibagi menjadi 2 kategori – anak dengan usia 5-7 tahun dengan runutan olahraga berenang sejauh 50 m, dilanjutkan dengan bersepeda 1,8 km, dan berlari dengan jarak 1 km.

Sementara, anak-anak dengan usia 8 -10, berenang sejauh 100 m, bersepeda 3 km, dan berlari 1.8 km.

Selain latihan rutin, makan makanan bergizi yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral juga penting, lo! Supaya tubuhmu tetap prima saat kompetisi berlangsung.

Siapa yang sudah pernah mengikuti kompetisi triathlon?

Reporter : Marisa Febrilian
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Hantu Pencopet

3 hari yang lalu

Alunan Gitar Misterius

2 hari yang lalu

Pino yang Cerdik

4 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×