Aldebaran, Bintang Merah Terang Super Besar

  • Rabu, 10 Mei 2017 15:05 WIB

Bintang Aldebaran, bintang merah terang super besar | SkyPortal/F. Espenak

Aldebaran adalah bintang yang terlihat paling terang di rasi bintang Taurus. Yuk, kita mengenal Aldebaran lebih jauh.

Bintang pengikut

Nama Aldebaran berasal dari bahasa Arab, aldabaran yang berarti “pengikut”. Nama ini diberikan karena bintang ini terbit setelah gugus bintang Pleiades. Seolah-olah bintang ini selalu mengikuti Pleiades.

Cahayanya terang dan berwarna kemerahan. Letaknya di rasi bintang Taurus yang bersebelahan dengan rasi bintang Orion. Pada rasi bintang Taurus yang digambarkan berwujud banteng, bintang Aldebaran menempati posisi mata.

Bintang besar berwarna merah

Aldebaran termasuk bintang tipe K5 III, bintang raksasa berwarna merah. Bintang ini menempati urutan ke-14 pada urutan bintang paling terang di langit malam.

Diameternya 44 kali lebih besar dibandingkan dengan Matahari, bintang yang menjadi pusat tata surya kita. Jaraknya sekitar 65,3 tahun cahaya dari Bumi.

Aldebaran memiliki bintang pendamping yang ukurannya lebih kecil. Bintang ini beredar di orbit yang jaraknya 3,5 hari cahaya dari Aldebaran.

Mengilhami cerita rakyat

Penampakan Aldebaran di langit malam mengilhami munculnya cerita rakyat. Dalam mitologi Hindu, bintang Aldebaran dikisahkan sebagai perempuan cantik bernama Rohini.

Ia menyamar sebagai antelop saat melarikan diri dari ayahnya. Dalam cerita rakyat Dakota Sioux, Aldebaran dikenal sebagai bintang yang jatuh ke Bumi. Kejatuhannya membunuh seekor ular yang kemudian berubah menjadi sebuah sungai yaitu Sungai Missisipi.

Apakah kamu pernah melihat Aldebaran di langit malam?

Reporter : Sylvana Toemon
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×