Bimasakti, Galaksi Tempat Bumi Kita Berada

  • Jumat, 29 September 2017 08:00 WIB

Galaksi Bimasakti | wikimedia commons

Galaksi Bimasakti (Milky Way) adalah galaksi tempat Bumi kita berada. Sejak kapan galaksi Bimasakti diketahui oleh manusia?

Mengilhami Cerita Rakyat

Penampakan bintang-bintang yang menjadi bagian dari Bimasakti dapat dilihat dari Bumi tanpa alat bantu. Bintang-bintang itu terlihat seperti untaian yang indah di langit malam. Untaian itu sering menjadi bagian dari cerita rakyat di beberapa tempat. Ada cerita yang mengisahkan rangkaian bintang itu adalah jalan bagi bidadari penghuni langit. Ada pula yang mengisahkan sebagai tempat tinggal makhluk-makhluk gaib.

Milky Way dan Bimasakti

Milky Way mendapatkan namanya karena berbentuk untaian berwarna putih. Sekilas terlihat seperti jalan yang terbentuk dari percikan susu. Di Indonesia, nama galaksi itu dinamakan Bimasakti karena terlihat seperti Bima dalam dunia pewayangan. Bima dikisahkan dililit oleh ular naga dan menang. Sampai sekarang nama Bimasakti masih kita gunakan sebagai terjemahan Milky Way dalam bahasa Inggris.

Galaksi Spiral

Orang pertama yang diketahui menyelidiki teka-teki Bimasakti adalah Galileo. Dengan teleskopnya, Galileo mengetahui bahwa Bimasakti terdiri dari banyak sekali bintang. Perkembangan teknologi memungkinkan manusia untuk mengetahui bentuk galaksi tempat tata surya kita ini. Pengetahuan tentang Bimasakti makin bertambah saat Edwin Hubble menyelidikinya.

Galaksi Bimasakti berbentuk spiral yang terdiri dari banyak bintang. Matahari adalah salah satunya. Matahari beserta planet planet yang mengitarinya berada di bagian lengan spiral Bimasakti. Jarak dari ujung ke ujung spiral Bimasaksi sekitar 100.000 tahun cahaya. Wow! Jauh sekali, ya, jaraknya.

 

Reporter : Sylvana Toemon
Editor : Sylvana Toemon

KOMENTAR

MOST READ

Dongeng Putri Tikus

3 hari yang lalu

Obat Bosan dari Nenek

21 jam yang lalu

Cat Kuku

3 hari yang lalu

Korespondensi dengan Pencuri

2 hari yang lalu

Kuningan

3 hari yang lalu

Iko, Hihaa!!

3 hari yang lalu

Dibayar dengan Senyum

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×