Noda Merah Besar di Planet Jupiter

  • Rabu, 13 September 2017 17:45 WIB

Noda merah besar di Planet Jupiter | wikimedia.org

Planet Jupiter memiliki titik merah besar di permukaannya. Bila dilihat dari kejauhan, titik merah ini terlihat seperti noda merah. Apakah sebenarnya noda merah di planet terbesar dalam tata surya itu?

Baca juga: Fakta-Fakta Jupiter

Noda Merah yang Membuat Penasaran

Noda merah itu telah terlihat sejak ratusan tahun yang lalu oleh para astronom. Bentuknya oval, seakan-akan memutus garis-garis di permukaan Planet Jupiter. Noda merah itu terletak di sekitar khatulistiwa planet raksasa itu. Penampakannya membuat penasaran. Noda merah ini selalu menjadi bahan penyelidikan astronom sejak alat bantu astronomi masih sederhana sampai secanggih sekarang. Saat ini ada Juno, wahana yang khusus dibuat untuk menyelidiki Planet Jupiter.

Baca juga: Juno, Pesawat Antariksa Pengamat Planet Jupiter

Badai Raksasa

Baru beberapa tahun belakangan ini diketahui bahwa noda itu sebenarnya adalah badai yang berputar. Badai ini sangat besar. Lingkaran badai jauh lebih besar dibanding Bumi. Badai sebesar itu dapat dikatakan badai raksasa. Warna merahnya berasal dari zat kimia yang naik dari bagian bawah atmosfer karena badai itu. Badai ini diperkirakan akan berlangsung lebih dari 300 tahun. Suhu di tengah badai ini sangat panas.

Sumber : www.missionjuno.swri.edu

Reporter : Sylvana Toemon
Editor : Sylvana Toemon

KOMENTAR

MOST READ

Hantu Pencopet

3 hari yang lalu

Legenda Empat Musim

3 hari yang lalu

Alunan Gitar Misterius

2 hari yang lalu

Guling Pocong

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×