Tambah Tinggi di Angkasa Luar

  • Minggu, 20 Agustus 2017 14:20 WIB

Tambah tinggi di angkasa luar. | Creative Commons.

Rata-rata tubuh astronaut menjadi lebih tinggi sekitar lima sentimeter selama di angkasa luar. Kok, bisa? Kenapa bisa tambah tinggi, ya?

Sebuah Per yang Merenggang

Tinggi tubuh manusia di angkasa luar bisa bertambah hingga mencapai 7, 6 sentimeter. Begitu kembali ke Bumi, tinggi badan akan kembali seperti semula. Ini bukan sulap, bukan juga sihir, lo! Penyebabnya adalah pengaruh dari gaya gravitasi yang sangat kecil angkasa luar.  

Coba teman-teman bayangkan sebuah per yang besar. Kalau per itu ditekan, maka per akan menjadi lebih pendek dan padat. Lalu, jika tekanan itu dilepas, per akan merenggang.

undefined
Sama seperti per, tulang punggung manusia yang berada di angkasa luar akan merenggang karena gaya gravitasi atau tekanan yang ada di sana sangatlah kecil.

Begitu sampai di Bumi, tulang punggung kembali mendapat tekanan akibat gaya gravitasi yang lebih besar. Akibatnya, tubuh astronaut akan kembali seperti semula saat tiba di Bumi.

Tidak Berbahaya

Sejauh ini, merenggangnya tulang punggung astronaut tidak akan berbahaya. Hanya saja, muncul sedikit masalah ketika ada astronaut memakai kostum yang pas-pasan dengan ukuran tubuhnya. Kadang-kadang, kostum jadi kekecilan begitu tiba di angkasa luar. Karena itu, sebelum berangkat meluncur ke ruang angkasa, astronaut mengenakan kostum yang agak longgar.

Wahh.. kira-kira, kalau pergi ke angkasa luar, Bobo akan tambah tinggi berapa sentimeter, yaa?

Sumber : www.nasa.gov

Reporter : Iveta Rahmalia
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Putri Berambut Kaca

1 hari yang lalu

Tiga Tangkai Mawar

3 hari yang lalu

Bintang Pensi

3 hari yang lalu

Lukisan Kasih Sayang

3 hari yang lalu

Bekal Makan Siang

2 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×