Badak Berambut yang Hampir Punah

  • Minggu, 24 September 2017 17:35 WIB

Badak sumatera adalah satu-satunya badak yang berambut. | Creative Commons.

Namanya badak sumatera. Ia adalah satu-satunya spesies badak yang berambut. Selain itu, masih ada lagi keunikan lainnya, lo. Yuk, cari tahu!

Satu-satunya yang Berambut

Dari lima spesies badak di dunia, badak sumatera adalah satu-satunya yang memiliki rambut terbanyak. Begitu lahir, rambutnya berwana coklat kemerahan. Semakin dewasa, bulu-bulu di tubuhnya semakin berkurang dan warna rambutnya berubah menjadi hitam.

Paling Kecil

Badak bercula dua ini merupakan badak yang paling kecil di antara spesies lainnya. Panjang tubuh badak sumatera dewasa sekitar 2-3 meter dengan tinggi 1 - 1,5 meter. Berat badannya sekitar 600-950 kilogram. Panjang cula depan rata-rata 25 - 80 sentimeter, sedangkan cula belakang rata-rata tidak lebih dari 10 sentimeter.

undefined
Badak sumatera suka mandi lumpur untuk mendinginkan badannya. | Creative Commons.

Paling Cerewet

Badak sumatera suka mengeluarkan suara. Bisa dibilang, spesies ini yang paling cerewet. Badak yang suka tinggal di hutan pegunungan ini mengeluarkan tiga suara yang berbeda. Para peneliti menamai  tiga jenis suara itu sebagai, eep, paus, dan tiupan peluit. Suara eep berbunyi seperti dengkingan pendek. Suara paus berbunyi seperti nyanyian paus bungkuk. Suara tiupan peluit berbunyi seperti siulan pendek.

Hanya Ada di Indonesia

Badak sumatera adalah badak yang langka. Hewan yang suka menyendiri ini hanya tinggal 100 ekor di seluruh dunia. Mereka tersebar di Sumatera dan Kalimantan. Satu induk badak hanya bisa melahirkan 3-5 anak badak dalam masa usia antara 10 dan 30 tahun.

undefined
Ibu badak dan anak badak. | Creative Commons

Badak sumatera sekarang terancam punah. Salah satu penyebabnya adalah hutan tempat tinggalnya semakin terkikis, karena kepentingan manusia yang tidak bertanggung jawab.

Reporter : Iveta Rahmalia
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Jadii… Itu Mamanya

22 jam yang lalu

Kain Lap yang Hilang

3 hari yang lalu

Sesudah Suatu Kegagalan

3 hari yang lalu

Dua Nenek

2 hari yang lalu

Uang Temuan

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×