Bisakah Kucing Terserang Flu?

  • Kamis, 7 Desember 2017 14:15 WIB

Kucing juga bisa kena flu. | Pixabay

Jawabannya, bisa. Seperti halnya manusia dan hewan lainnya, kucing juga rentan terhadap flu. Pilek pada kucing dikenal sebagai penyakit saluran pernapasan atas dan disebabkan oleh virus calici, bakteri brokatelle dan virus herpes.

Meskipun banyak infeksi yang hanya berlangsung selama beberapa hari, beberapa dari infeksi ini kembali berulang dan sulit untuk disingkirkan. Yang lebih serius mirip dengan influenza atau pneumonia pada manusia. Nah, bagaimana kucing terkena flu?

Gejala

Tanda pertama kucing terkena flu adalah bersin berlebihan. Selain itu, adanya kotoran di hidung dan mata. Hati-hati bila kucing kita mengeluarkan kotoran di hidung dan matanya secara terus-menerus. Sebab, bisa jadi dia terinfeksi virus.

Bila ini terjadi, kucing perlu dirawat dengan baik di rumah, juga perawatan oleh dokter hewan. Pada kasus yang parah, bisul bisa berkembang di mata, hidung, dan mulut. Wah, kasihan, ya, teman-teman.

Namun, jika bersin tidak berlebihan dan tidak ada kotoran di mata dan hidung, kemungkinan flu akan hilang sendiri dalam beberapa hari.

Demam, batuk, dan napas terengah-engah adalah gejala lain ketika kucing kita terserang flu. Selain itu, gejala lain yang mudah terlihat adalah kurangnya keinginan makan. Hal ini mungkin disebabkan karena saluran pernapasannya tersumbat dan kucing tidak bisa mencium bau makanan. Kurangnya keinginan makan dan kekurangan air bisa menyebabkan dehidrasi pada kucing.

Penyebab

Ada beberapa penyebab kucing terserang flu. Pertama, karena tertular flu yang diidap manusia. Ada kasus kucing terinfeksi flu babi setelah kontak dengan orang yang terinfeksi. Jadi, kalau teman-teman sedang pilek, sebaiknya mencuci tangan sebelum menyentuh kucing kesayangan, ya.

Sesama kucing juga dapat saling menulari flu, lo. Nah, kalau teman-teman memelihara kucing lebih dari seekor, yang terbaik adalah menjaga agar mereka tetap terpisah saat salah satu dari mereka terinfeksi.

Di sisi lain, kucing juga dapat terserang flu meskipun mereka tidak berhubungan dengan manusia atau kucing lain. Infeksi jamur aspergillosis dan polip juga dapat menyebabkan demam pada kucing. Selain itu, mereka juga bisa terserang flu karena menghirup benda asing seperti rumput. Sebagian besar dari virus penyebabnya ada di udara atau air. Jadi, usahakan agar lingkungan kita selalu sehat, ya.

Reporter : Lila
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Misteri Raja Kucing

13 jam yang lalu

Cerita

Misteri PR Matematika

21 jam yang lalu

Cerita

Pengamen Itu Neneknya Ira

16 jam yang lalu

Cerita

Yang Terbaik

22 jam yang lalu

Cerita

Cergam Bobo: Berenang

3 jam yang lalu

Cerita

Satu Arah dan Dua Arah

7 menit yang lalu

MOST READ

Wow, Rapinya!

2 hari yang lalu

Menjaga Adik

3 hari yang lalu

Misteri Raja Kucing

13 jam yang lalu

Misteri PR Matematika

21 jam yang lalu

Obat Bosan dari Nenek

3 hari yang lalu

Pengamen Itu Neneknya Ira

16 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×