Ikan Cere, Ikan Pembasmi Nyamuk

  • Sabtu, 5 Agustus 2017 12:30 WIB

Poecilia reticulata atau ikan cere.

Kita tentu sudah tahu ikan cere. Ikannya kecil-keci dan bisa kita temukan di selokan dan parit-parit. Ikan ini sangat suka memangsa jentik-jentik nyamuk. Oleh karena itu, ikan cere mendapat julukan si pembasmi nyamuk.

Berasal dari Amerika

Menurut penelitian, ikan cere berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Ikan ini pertama kali diteliti oleh seorang ilmuwan bernama Wilhelm Peters, pada tahun 1859.

Ikan cere mulai masuk ke Indonesia pada sekitar tahun 1920, sebagai ikan hias dan dikenal dengan nama ikan gupi. Ikan cere dan ikan gupi masih satu keluarga. Oleh sebab itu dalam kawanan ikan cere sering terlihat beberapa ikan cere yang cantik. Itulah ikan gupi. Ikan gupi memang memiliki variasi ekor, sirip, dan warna-warna yang indah sehingga sering cocok menjadi ikan hias.

Menurut penelitian, pada tahun 1929 ikan cere sudah menyebar ke parit-parit di seluruh Pulau Jawa. Hal itu karena ikan ini dilepas ke selokan untuk membasmi larva nyamuk untuk mencegah penyakit malaria. Di alam bebas, ikan cere berkembang dengan cepat dan menyebar ke seluruh perairan di Indonesia.

Selain ikan cere dan gupi, ada lagi jenis ikan kecil yang sering digunakan untuk membasmi jentik-jentik nyamuk, yaitu ikan gambusia (Gambusia affinis). Saking rakusnya, ikan ini mendapat julukan mosquitofish atau si pembasmi nyamuk.

Melahirkan

Ikan cere berkembang biak dengan cara melahirkan. Proses perkembangbiakan cere dimulai saat ikan cere jantan mulai mengeluarkan zat khusus. Zat khusus ini akan masuk ke dalam tubuh ikan betina sehingga terjadi proses pembuahan.

Saat induk cere hamil, daerah di sekitar anus akan bertambah gelap warnanya. Menjelang kelahiran, bintik-bintik mata bayi-bayi ikan terlihat dari kulit perut induknya yang tipis dan transparan.

Setelah hamil selama 28 hari, induk cere akan melahirkan sekitar 30 ekor bayi cere. Begitu keluar dari perut sang induk, bayi-bayi ikan cere bisa hidup sendiri. Sedangkan induknya siap hamil lagi. Dalam waktu satu bulan, anak-anak ikan cere sudah dewasa dan siap berkembang biak.

Reporter : Sigit Wahyu
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

MOST READ

Janji Ayah

3 hari yang lalu

Misteri PR Matematika

20 jam yang lalu

Kado Peri Ulang Tahun

3 hari yang lalu

Bersyukurlah, Anita!

23 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×