Inilah 3 Jenis Burung yang Bisa Menyelam

  • Rabu, 6 September 2017 14:05 WIB

Burung Loon | Foto: Creative Commons

Biasanya yang kita tahu, burung adalah hewan yang bisa terbang karena memiliki sayap di tubuhnya. Lalu, ada ikan yang kita tahu bisa berenang dan hidup di air. Namun, tahukah teman-teman? Ternyata ada juga, lo, burung yang bisa menyelam di air, seperti yang biasanya dilakukan ikan. Inilah tiga jenis burung yang bisa menyelam tersebut!

1. Burung Loon

Burung loon hidup di daerah Amerika Utara dan bagian selatan Eurasia. Jika sekilas dilihat, burung loon yang berenang sangat mirip dengan bebek yang besar dan angsa yang kecil. Burung yang memiliki bulu berwarna putih dan hitam ini mempunyai paruh yang berbentuk seperti tombak.

Burung loon dikenal sebagai burung yang bisa berenang dengan baik. Mereka menggunakan kakinya untuk mendayung dan sayapnya digunakan untuk menggerakkan tubuhnya di dalam air.

Burung ini biasanya tidak suka jika berada di daratan. Sebab, burung loon memiliki kaki yang berada jauh di belakang, sehingga menyebabkan burung ini susah berjalan.

undefined
Burung Grebe

2. Burung Grebe

Sama seperti burung loon, burung grebe juga memiliki kaki yang berada jauh di belakang. Kaki itu biasanya digunakan untuk berlari cepat di atas air, tapi burung ini sering pula terjatuh.

Ukuran burung grebe bermacam-macam, ada yang kecil dan ada juga yang besar. Burung grebe yang paling kecil, beratnya sekitar 120 gram. Sedangkan yang besar, bisa mencapai berat sekitar 1,7 kilogram.

Kepakan sayap burung grebe tidak terlalu lebar. Dari beberapa jenis burung grebe, ada yang dapat terbang. Namun biasanya mereka tidak dapat terbang tinggi. Ada juga jenis burung grebe di Amerika selatan yang tidak dapat terbang sama sekali.

Untuk menghindari bahaya, burung ini lebih memilih menyelam ketimbang terbang. Sebab, kemampuan menyelam burung ini lebih hebat dibandingkan saat mereka terbang.

Reporter : Hanna Vivaldi
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Sup Asparagus

1 hari yang lalu

Adikku Manis

1 hari yang lalu

Gara-Gara Cincin Kawin

4 jam yang lalu

Eiffel yang Hilang

4 jam yang lalu

Misteri Balado Ayam Pedas

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×