Kenapa Sayap Kupu-kupu Berwarna?

  • Kamis, 12 Oktober 2017 16:00 WIB

Kenapa sayap kupu-kupu berwarna? | pixabay.com - Gaby

Teman-teman pasti sering melihat kupu-kupu terbang di sekitar halaman. Sayap mereka indah. Saking indahnya, banyak fotografer yang mengabadikan keindahan sayap kupu-kupu. O iya, Teman-teman tahu tidak, kenapa sayap kupu-kupu berwarna?

Sisik

Sayap kupu-kupu ditutupi oleh sisik yang sangat kecil. Setiap sisik kupu-kupu memiliki rusuk. Rusuk di setiap sisik kupu-kupu diisi oleh pigmen-pigmen warna. Nah, pigmen warna inilah yang membuat sayap kupu-kupu berwarna. Ada yang berwarna kuning, oranye, dan merah.

Pantulan

Beberapa kupu-kupu memiliki warna hijau, biru, dan ungu di sayapnya. Untuk mendapatkan warna itu, sisik kupu-kupu akan memantulkan cahaya matahari. Nah, pantulan cahaya itulah yang membuat sayap kupu-kupu berwarna hijau, biru, dan ungu.

Karena mengandalkan pantulan cahaya, warna hijau, biru, dan ungu pada sayap kupu-kupu bisa berubah-ubah. Kadang, warnanya terang dan pekat, kadang warnanya berubah jadi pudar. Bahkan, kadang warna itu tak tampak saat kupu-kupu mengepakan sayapnya. O iya, Teman-teman, sayap kupu-kupu yang mengandung pigmen, berbeda dengan sayap kupu-kupu yang memantulkan cahaya.

undefined
Sayap kupu-kupu bisa memantulkan cahaya. | pixabay.com - piya bo-ngulyam

Pelindung

Warna pada sayap kupu-kupu berfungsi sebagai alat pelindung, lo. Warna-warna cerah di sayap kupu-kupu membuat burung tidak ingin memangsa mereka. Kenapa begitu? Di dunia hewan, warna cerah dianggap sebagai tanda, bahwa hewan tersebut mengandung racun. Jadi, hewan yang berwarna cerah tidak layak untuk dimakan.

Kotak Fakta:

Bentuk sisik pada ikan hampir sama, hanya ukurannya saja yang berbeda. Sisik di setiap kupu-kupu berbeda. Ada yang ujungnya bergerigi, ada yang ujungnya bulat, ada juga yang ujungnya runcing dan berambut.

Jadi, kenapa sayap kupu-kupu berwarna? Kamu pasti sudah tahu, kan, jawabannya?

Foto: pixabay.com

Reporter : willa widiana
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Dongeng Putri Tikus

3 hari yang lalu

Obat Bosan dari Nenek

1 hari yang lalu

Cat Kuku

3 hari yang lalu

Korespondensi dengan Pencuri

2 hari yang lalu

Kuningan

3 hari yang lalu

Iko, Hihaa!!

3 hari yang lalu

Rumah Nomor 6

2 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×