Serigala Maned yang Berkaki Panjang

  • Minggu, 3 Desember 2017 17:15 WIB

Serigala Maned | nationalzoo.si.edu | nationalzoo.si.edu

Sekilas, hewan unik yang satu ini mirip dengan rubah. Tapi, kakinya sangat panjang! Hmm… sebenarnya, ini jenis hewan apa, ya?

Memiliki Kaki Panjang

Walaupun terlihat seperti rubah, namun hewan ini adalah jenis serigala. Namanya serigala maned, bahasa latinnya Chrysocyon brachyurus. Bentuknya mirip rubah atau anjing besar dengan bulu kemerahan.

Kakinya yang sangat panjang menjadikan hewan ini unik. Hewan ini juga memiliki telinga yang lebar. Berat badan serigala maned dewasa mencapai 20 hingga 23 kilogram. Sedangkan panjang tubuhnya bisa mencapai 1,3 meter.

Hewan Omnivora

Serigala maned dapat ditemukan di bebrapa negara Amerika Selatan, seperti Brasil, Paraguay, Peru, dan Bolivia. Hewan ini hidup di hutan terbuka, tanah rawa, dan padang rumput. Karena merupakan hewan omnivora, serigala maned suka memakan mamalia kecil, serangga, reptil, buah-buahan, dan tumbuhan.

Keunikan Lain

Selain bentuknya yang unik, serigala maned juga punya keunikan yang lain. Dalam memburu mangsanya, serigala ini memiliki kebiasaan yang menarik. Telinga mereka yang besar akan berputar saat mendengarkan hewan yang akan dimangsa. Untuk mengejar mangsa, mereka memanfaatkan tanah dan kaki depannya.

Memiliki Kekuatan Magis

Saat ini, jenis serigala maned sedang dalam bahaya. Bukan karena musuh, namun karena habitatnya yang mulai rusak. Habitat mereka yang terus berkurang dan selalu terganggu menjadi masalah utama serigala maned. Selain itu, beberapa manusia juga memburu hewan ini. Konon, beberapa bagian tertentu dari tubuh mereka memiliki kekuatan magis!

Spesies Satu-satunya

Meskipun status serigala maned terancam punah, namun IUCN (International Union for Conversation of Nature) memasukkan jenis serigala maned ke dalam daftar yang memiliki resiko rendah. Padahal, hewan ini adalah satu-satunya spesies dalam jenis Chrysocyon atau anjing emas.

Reporter : Danastri Permata Putri
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Dongeng Putri Tikus

3 hari yang lalu

Obat Bosan dari Nenek

1 hari yang lalu

Cat Kuku

3 hari yang lalu

Korespondensi dengan Pencuri

2 hari yang lalu

Kuningan

3 hari yang lalu

Iko, Hihaa!!

3 hari yang lalu

Rumah Nomor 6

4 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×