6 Bakteri yang Bisa Membuat Kita Sakit

  • Selasa, 12 September 2017 12:35 WIB

6 Bakteri yang Bisa Membuat Kita Sakit | Ode

Bakteri bisa menempel di tangan, ponsel, uang, hingga makanan. Dari sekian banyak bakteri, enam bakteri yang suka menempel pada makanan ini bisa membuat kita sakit, lo.

Bakteri apa saja kira-kira? Lalu, di makanan apa mereka menempel? Kita cari tahu, yuk!

E. coli

Nama lengkapnya Escherichia coli, tetapi orang-orang memanggilnya E. coli. Bakteri ini suka menempel pada daging sapi, susu mentah, buah/sayur mentah, hingga air yang terkontaminasi. Bakteri E. coli bisa menyebabkan diare, sakit perut, dan muntah-muntah selama beberapa hari. Supaya kamu tidak terserang bakteri ini, selalu masak daging hingga matang. Cuci buah dan sayur hingga bersih. Konsumsi susu yang sudah dipasteurisasi (dipanaskan hingga suhu 600 derajat celcius).

undefined
Mencuci tangan bisa menjauhkan kita dari enam bakteri ini!

Campylobacter

Bakteri bernama Campolybacter jejuni ini memiliki bentuk spiral. Ia hidup pada ayam dan sapi. Bakteri ini bisa menyebabkan diare, kram, sakit perut, dan demam selama 2 – 5 hari. Orang yang terinfeksi bakteri ini juga bisa mengalami diare berdarah, serta mual dan muntah. Bakteri ini bisa dicegah dengan cara, memasak daging hingga matang, mencuci tangan setelah menyentuh makanan mentah, dan membersihkan alat-alat dapur dengan benar. Satu lagi, selalu minum susu yang sudah dipasteurisasi, ya!

Listeria

Bakteri Listeria monocytogenes bisa hidup di tanah, air, makanan mentah, dan olahan susu yang tidak dipasteurisasi. Makanan yang disimpan di dalam kulkas masih bisa ditumbuhi bakteri ini. Supaya kulkas kita terhindar dari bakteri ini, selalu bersihkan kulkas dengan teratur. Jika tidak, bakteri listeria akan tumbuh subur di dalam makanan kita. Jika sudah begitu, kita bisa demam, menggigil, sakit kepala, sakit perut, hingga muntah-muntah.

undefined
Bakteri Vibrio parahaemolyticus biasanya menempel pada makanan laut.

Viberio

Bakteri Vibrio parahaemolyticus hidup di dalam air asin. Jadi, jangan heran kalau bakteri ini bisa menempel dengan mudah pada makanan laut yang masih mentah. Supaya bakteri ini tidak menyerang tubuh kita, selalu masak makanan laut hingga matang. Jika tidak, kita bisa terkena diare berair, kram perut, mual, muntah, demam yang disertai menggigil.

Reporter : willa widiana
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Sup Asparagus

3 hari yang lalu

Adikku Manis

3 hari yang lalu

Gara-Gara Cincin Kawin

2 hari yang lalu

Misteri Surat Perpisahan

1 hari yang lalu

Eiffel yang Hilang

2 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×