Bentuk Kepingan Salju Ternyata Berbeda-beda, Lo!

  • Rabu, 18 Oktober 2017 18:04 WIB

Dendrites memiliki cabang yang berbentuk seperti pohon cemara. | Pixabay

Kepingan salju yang jatuh ke tanah ternyata punya bentuk yang berbeda-beda, lo. Peneliti mengatakan ada 108 jenis kepingan salju yang dikelompokkan menjadi 4 kategori.

Plates

Kepingan salju ini  berbentuk segi enam, datar, dan terang. Plates ini merupakan jenis yang paling umum dari semua kepingan salju. Kepingan salju ini terbentuk saat suhu udara mencapai -15 derajat Celcius. Plates sendiri bisa bermacam-macam bentuknya, seperti Stellar Plates, Sectored Plates, dan Double Plates.

Needles

Needles memiliki bentuk seperti sehelai rambut putih kalau jatuh di baju. Namun, kalau diperhatikan lebih dekat, teman-teman bisa melihat detail kepingan salju ini dengan guratan yang lebih halus. Di tempat-tempat tertentu, kepingan ini bentuknya bercabang seperti tulang ikan.

Columns

Kepingan salju ini berbentuk seperti tabung. Di sisi kanan dan kiri dalamnya terdapat kerucut yang sangat kecil. Jika ingin melihat kerucut itu, teman-teman mungkin harus membutuhkan kaca pembesar. Hihihi.. Columns bisa bermacam-macam jenisnya, seperti Hollow Columns dan Capped Columns.

Dendrites

Nah, kepingan salju yang ini sangat terkenal dan selalu dijadikan ilustrasi di film-film animasi. Dendrites memiliki cabang yang berbentuk seperti pohon cemara. Ukurannya cukup besar, sekitar 2 sampai 4 milimeter sehingga teman-teman bisa melihatnya lebih jelas daripada kepingan salju yang lain.

Kalau teman-teman pergi ke negara empat musim saat musim salju, coba perhatikan bentuk kepingan saljunya, ya!

Reporter : Cirana Merisa
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Rumah di Rawa Kappa

2 hari yang lalu

Hantu Pencopet

18 jam yang lalu

Diuji dengan Mimpi

3 hari yang lalu

Kan Kusediakan Waktu

2 hari yang lalu

Ketika Dihukum Mama

3 hari yang lalu

Akibat Saling Mengalah

2 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×