Madu, Pemanis Alami Sebelum Gula

  • Selasa, 14 November 2017 14:30 WIB

Madu, pemanis alami sebelum gula. | pixabay.com - Boban

Siapa yang suka madu? Cairan kental yang manis ini memang enak. Kita bisa menyiramkannya di atas roti, mencampurnya dengan teh, atau memakannya langsung.

Nektar Bunga

Madu adalah nektar bunga yang dikumpulkan oleh lebah madu. Setelah diambil, nektar bunga akan diolah dan disimpan dalam sarang. Warna dan rasa madu akan berbeda-beda, semua tergantung dari jenis bunganya. Jadi, Teman-teman, jangan heran kalau ada madu yang berwarna bening, keemasan, hingga kecokelatan.

Pemanis

Nektar bunga mengandung zat gula. Jadi, jangan heran kalau madu dijadikan zat pemanis. Orang zaman dulu sudah menggunakan madu sebagai zat pemanis, jauh sebelum gula ditemukan. Selain dijadikan zat pemanis, madu juga dijadikan alat untuk mengawetkan buah-buahan, campuran untuk kue, dan minuman.

Rusak

Madu bisa rusak, jika dipanaskan dengan suhu diatas 60 derajat celcius. Madu juga bisa rusak jika terkena udara. Madu mengandung sedikit air, jadi bakteri tidak mudah berkembang biak. Hal inilah yang membuat madu bisa tahan lama. Jika madu mengandung air terlalu banyak, ragi dan kapang yang ada di dalam madu akan berkembang biak dan membuat madu rusak.

Madu Buatan

Madu juga ada yang buatan, lo! Orang rusia pernah membuat madu dari buah semangga. Untuk membuat madu buatan, daging buah harus dipisahkan dari seratnya. Setelah itu diperas dan diuapkan sampai kental. Tak hanya semangka, kurma juga bisa dijadikan madu buatan. O iya, madu asli yang diberi zat tambahan atau perasa buah juga disebut madu buatan, lo!

Itulah sedikit kisah tentang madu, pemanis alami sebelum gula.

Foto: pixabay.com

Reporter : willa widiana
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Surat Perpisahan

3 hari yang lalu

Tiga Tangkai Mawar

22 jam yang lalu

Bintang Pensi

2 hari yang lalu

Mengomel Bersama

3 hari yang lalu

Ayah Pulang

2 hari yang lalu

Lukisan Kasih Sayang

20 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×