Penghuni Terumbu Karang

  • Selasa, 3 Januari 2017 12:45 WIB

Terumbu karang, rumah bagi ikan-ikan.

Yuk, kita menyelam! Melihat indahnya kehidupan di terumbu karang itu luar biasa, lo! Belum lagi berkenalan dengan beberapa penghuninya yang unik.
 
Bintang Laut
 
Hewan cantik  berbentuk bintang ini hidupnya di terumbu karang. Kebanyakan bintang laut bentuknya bercabang lima. Dibalik setiap cabangnya, bintang laut mempunyai ratusan kaki kecil. Kaki kecilnya ini bisa disebut kaki hisap. Saat ada goncangan atau bahaya, ratusan bahkan ribuan kaki kecil bintang laut ini akan segera berpegangan erat di tempat ia berada. Saat semua kakinya menempel, tubuh bintang laut akan sangat sulit digerakkan. Begitu pula saat ombak datang, tubuh bintang laut seakan tak tergoyahkan.
Teripang.
Teripang.
Teripang     
 
Binatang hitam bertubuh kenyal ini punya pertahanan tubuh yang mirip dengan bintang laut. Ia masih sekeluarga dengan bintang laut. Bagian mulut teripang dikelilingi oleh lengan-lengan peraba yang sangat halus. Lengan ini bisa bercabang-cabang. Saat ombak datang, teripang berpegangan erat-erat, sehingga selamat dari goncangan. Kalau ada musuh yang hendak menyerangnya, teripang akan menyemprotkan sejenis getah lengket atau lendir beracun sehingga musuh mundur menjauhinya.
Kuda laut.
Kuda laut.
 
Kuda Laut     
 
Kuda laut merasa aman hidup di tengah-tengah kawasan terumbu karang. Karena tubuhnya kecil, ia dapat dengan mudah bersembunyi di sela-sela karang. Seringkali ia sulit dibedakan dengan terumbu karang di sekitarnya. Kalau ada ombak datang, ekor kecilnya dengan cepat diikatkan pada terumbu karang terdekat. Kalau sedang santai pun, kuda laut suka mengaitkan ekornya pada ranting rumput laut, akar-akaran, atau terumbu karang yang ada didekatnya.
 
Kepiting Bakau
 
Kepiting adalah salah satu hewan yang sering tinggal di kawasan terumbu karang dan daerah berpasir. Kepiting termasuk hewan  yang sangat peka terhadap perubahan yang terjadi di sekitarnya. Kalau ada gangguan, kepiting akan segera menyelamatkan diri. Ia akan masuk ke dalam lubang yang ia gali dengan capitnya. Kalau situasi sudah aman dan tenang, kepiting-kepiting akan kembali bermunculan. Itu juga yang dilakukannya, saat ombak datang.
Kuda laut.
Kuda laut.
 
Gurita        
 
Si hewan ini  bertangan delapan dan bertubuh lunak. Gerakan sangat lambat. Ia tidak bisa berenang. Gerakannya hanya merambat-rambat pada bebatuan di terumbu karang. Tubuhnya yang lunak itu akan dengan mudah terombang-ambing oleh gelombang air laut. Gurita senang bersembunyi di sela-sela terumbu karang atau di balik bebatuan besar.
Siapa yang tahu, binatang apa lagi yang menghuni terumbu karang?

bobo
Sumber: Majalah Bobo edisi 41, terbit 14 Januari 2016
Teks: Yanti
Foto: Ricky Martin dan Dok. Bobo
 

 

Reporter : Sigit Wahyu
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Adikku Manis

4 jam yang lalu

Cerita

Kue Dadar Lapis Madu

9 jam yang lalu

Cerita

Cerita

Malam Cerita

12 jam yang lalu

Cerita

Makhluk Bulan Purnama

10 jam yang lalu

Cerita

MOST READ

Adikku Manis

4 jam yang lalu

Kena Batunya

1 hari yang lalu

Mama Berhati Emas

2 hari yang lalu

Bunga-Bunga yang Hilang

3 hari yang lalu

Pengarang Kecil yang Kecewa

2 hari yang lalu

Asal Tahu Caranya

3 hari yang lalu

Kue Dadar Lapis Madu

9 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×