Warna-warni Keraton Kasepuhan

  • Kamis, 14 September 2017 16:49 WIB

Keraton Kasepuhan | Ricky Martin

Inilah keraton tertua di Cirebon. Selain kaya sejarah, keraton ini memiliki banyak nilai budaya.

Keraton Kakak

Dulu, Cirebon sebenarnya hanya memiliki satu keraton. Namanya Keraton Pakungwati. Pendirinya adalah Pangeran Walangsungsang atau Cakrabuana, putra Prabu Siliwangi. Keraton Pakungwati bertahan hingga masa pemerintahan Panembahan Girilaya. Setelah itu, keraton ini terpecah menjadi Keraton Kasepuhan dan Kanoman.

Keraton Kasepuhan didiami oleh putra sulung Panembahan Girilaya. Itulah kenapa disebut kasepuhan. Berasal dari kata sepuh, yang berarti tua. Sedangkan Keraton kanoman dipimpin oleh putra keduanya. Kanoman berasal dari kata anom, berarti muda. Konon, pecahnya Keraton Cirebon tak lepas dari campur tangan Belanda yang tidak ingin Cirebon bersatu dan menjadi kuat.

Bermakna Tinggi

Banyak bagian bangunan Keraton Kasepuhan dibuat dengan arti tertentu. Misalnya, ada relief ukiran kayu yang bernama Kembang Kanigaran. Artinya bunga bangsa. Relief itu mengandung beberapa motif. Salah satunya buah manggis. Buah manggis menggambarkan kejujuran. Jika kita lihat bagian bawah buah, akan tampak seperti mahkota. Jika jumlah mahkota yang tampak di luar 5, maka isi buah manggis pasti 5. Bahkan, bagian dalamnya lebih baik. Sebab, meskipun kulitnya hitam, tetap daging buahnya putih.

undefined
Ruang utama tempat pertemuan sultan dengan para pembesar keraton. I Ricky Martin

Kaya Budaya

Keraton Kasepuhan kaya warna budaya. Kita dapat melihatnya dari bentuk bangunannya yang unik. Misalnya, pendopo di bagian depan keraton dibangun dengan bata merah. Bentuknya mirip candi-candi Hindu pada masa Majapahit. Bangunan utamanya berbentuk limasan, seperti umumnya arsitektur Jawa. sedangkan hiasan-hiasan keramik menunjukkan adanya pengaruh budaya Tionghoa.

undefined
Koleksi benda pusaka di Keraton Kasepuhan I Ricky Martin

Mudah Dijangkau

Keraton Kasepuhan terletak di Jalan Keraton Kasepuhan no. 43, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Lokasinya terletak di kota dan mudah dijangkau. Keraton ini buka setiap hari, terasuk hari libur nasional. Bahkan, pada hari-hari libur nasional, keraton ini kebanjiran pengunjung.

Keraton Kasepuhan merupakan warisan Cirebon yang berharga. Sejarah dan budayanya mengandung banyak pelajaran di dalamnya.

Teks: Joko, Foto: Ricky Martin

Reporter : willa widiana
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Sup Asparagus

3 hari yang lalu

Adikku Manis

3 hari yang lalu

Gara-Gara Cincin Kawin

2 hari yang lalu

Misteri Surat Perpisahan

1 hari yang lalu

Eiffel yang Hilang

2 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×