CPR Dilakukan untuk Menyelamatkan Nyawa, Apa Itu CPR? #AkuBacaAkuTahu

By Tyas Wening, Kamis, 15 Agustus 2019 | 17:00 WIB
Melakukan CPR (Creative Commons)

Bobo.id - Ketika ada orang yang diselamatkan setelah tenggelam atau kehabisan napas, tentu ada pertolongan pertama yang harus dilakukan.

Bagi orang-orang yang kehabisan napas, pertolongan pertama atau bantuan yang diberikan biasanya berupa napas buatan atau menekan bagian dadanya sampai mereka bernapas kembali dengan lancar.

Pertolongan pertama yang diberikan ini disebut dengan CPR, teman-teman. Cari tahu apa itu CPR dan bagaimana tindakan ini bisa menyelamatkan nyawa, yuk!

Baca Juga: Bukan Hanya Gigi, Sikat Gigi Juga Harus Dibersihkan dengan Baik, lo!

CPR Membuat Tubuh Kembali Mendapatkan Oksigen

CPR yang merupakan tindakan pertolongan pertama untuk orang yang kekurangan oksigen adalah singkatan dari cardiopulmonary resuscitation atau resusitasi kardiopulmoner.

Tindakan pertolongan pertama ini dilakukan dengan menekan dada dan memberikan napas buatan bagi orang yang kekurangan oksigen.

Metode CPR membuat darah yang mengandung oksigen kembali beredar sementara di dalam tubuh seseorang yang jantungnya sudah berhenti.

Jantung yang berhenti berdetak sangat berbahaya, lo, teman-teman, karena ini artinya paru-paru juga akan berhenti menerima oksigen.

Baca Juga: Ikut Ekstrakulikuler Olahraga di Sekolah Ternyata Punya Banyak Manfaat