Bekerja dengan Menyemprot Disinfektan ke Seluruh Tubuh, Apakah Bilik Disinfektan Aman Digunakan?

By Avisena Ashari, Minggu, 5 April 2020 | 10:26 WIB
Ilustrasi penggunaan bilik disinfektan di tempat umum (Dok. Humas Pemkot Surabaya)

Bobo.id – Untuk mencegah penyebaran virus penyebab COVID-19, masyarakat Indonesia diimbau untuk beraktivitas di rumah dan menghindari aktivitas berkumpul, atau ke tempat yang terdapat banyak orang.

Jika harus keluar rumah, orang-orang pun harus tetap mematuhi aturan social distancing atau physical distancing, yaitu dengan menjaga jarak dengan satu sama lain sekitar 1 – 2 meter, serta selalu menjaga kebersihan, terutama mencuci tangan dengan sabun.

Di beberapa tempat umum, ruangan dan benda-benda yang disentuh oleh banyak orang disemprot dengan cairan disinfektan untuk membasmi kuman, nih.

Bahkan, akhir-akhir ini, di tempat-tempat umum disediakan bilik disinfektan. Apa itu bilik disinfektan dan apakah aman bagi tubuh manusia?

Apa Itu Bilik Disinfektan?

Bilik disinfektan adalah ruangan yang digunakan untuk strerilisasi atau proses mematikan mikroorganisme seperti kuman, bakteri dan virus.

Saat seseorang masuk ke dalam bilik disinfektan, maka ia akan disterilkan dengan cairan disinfektan yang disemprotkan ke arahnya.

Nah, disinfektan sendiri adalah bahan kimia yang digunakan untuk membasmi kuman penyakit.

Disinfektan biasanya digunakan untuk membersihkan permukaan benda yang mungkin terpapar kuman, bakteri, atau virus.

Bahan seperti alkohol dan klorin yang digunakan dalam disinfektan bisa membantu membasmi kuman pada permukaan benda, tapi ada petunjuk penggunaannya juga, teman-teman.

Menurut peneliti biadng kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Bapak Joddy Arya Laksmono, penggunaan disinfektan tidak boleh sembarangan, nih.

Baca Juga: Mulai dari Duduk Tegak Hingga Tidur Cukup, 6 Kebiasaan yang Mudah Dilakukan Ini Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Kita