Dongeng Anak: Kacamata Keren Aki #MendongenguntukCerdas

By Sarah Nafisah, Sabtu, 5 September 2020 | 20:30 WIB
Dongeng Anak: Kacamata Keren Aki (Dok. Majalah Bobo/Ella Elviana)

 

Bobo.id - Teman-teman sudah tahu manfaat mendongeng, kan? Mendongeng bisa membuat kita menjadi cerdas.

Nah, hari ini ada dongeng anak yang berjudul Kacamata Keren Aki.

Jangan lupa untuk membaca dongeng atau minta orang tuamu untuk mendongeng untukmu, ya!

-----------------------------

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Membaca Dongeng Baik untuk Anak-Anak, Salah Satunya Berani Menghadapi Tantangan #MendongenguntukCerdas

Kakek Deden tinggal di sebuah desa di Pangalengan, Bandung. Deden memanggil kakeknya dengan sebutan aki, yang artinya kakek dalam bahasa Sunda. Aki Deden adalah seorang pelukis yang cukup handal.

Di daerah tempat tinggal aki Deden, terdapat banyak pembuat permen karamel susu tradisional. Itu sebabnya, permen itu hampir selalu ada di rumah aki Deden. Permen karamel susu yang ada di rumah aki Deden, biasanya berbentuk persegi.

Setiap permen, memiliki dua lapis pembungkus. Di dalam, permen itu dibungkus dengan pembungkus plastik. Lapisan kedua atau lapisan luarnya terbuat dari kertas minyak aneka warna.

Setiap kali berkunjung ke rumah akinya, Deden selalu berlari ke meja makan, karena di sana ada stoples berisi penuh permen karamel susu. Pembungkusnya yang aneka warna, sangat menarik hati. Apalagi rasanya lezat.

Suatu akhir minggu, Aki berulang tahun. Deden, ayah dan ibunya datang ke rumah Aki. Sepupu-sepupu Deden juga datang, bersama uwak Deden. Seperti biasa, ada satu stoples permen karamel susu di meja makan aki. Namun, cuma sebentar saja permen itu sudah habis karena Deden dan keluarganya semua suka. Padahal, di meja itu, aki juga menyediakan banyak makanan lain.  

Baca Juga: Terasa Nikmat Apalagi Kalau Disajikan saat Hangat, Ternyata Sering Makan Telur Setengah Matang Bisa Berbahaya