Perbedaan Sumber Energi Terbarukan dan Tak Terbarukan serta Contohnya

By Avisena Ashari, Selasa, 3 November 2020 | 09:00 WIB
Ilustrasi sumber energi terbarukan. Apa perbedaan sumber energi terbarukan dan tak terbarukan? (Aum / Designed by rawpixel.com / Freepik)

Bobo.id - Apakah teman-teman tahu apa perbedaan sumber energi terbarukan dan tak terbarukan?

Perbedaan sumber energi terbarukan dan tak terbarukan adalah kemudahan sumber energi itu untuk dibuat kembali.

Untuk memahami perbedaan sumber energi terbarukan dan tak terbarukan, kita cari tahu penjelasan apa itu sumber energi terbarukan dan sumber energi tak terbarukan serta contohnya, yuk!

Perbedaan Sumber Energi Terbarukan dan Tak Terbarukan

Apa itu sumber energi terbarukan?

Sumber energi terbarukan adalah sumber yang bisa memproduksi energi dengan tidak menghabiskan sumber daya alam dan bisa terus dikembalikan.

Yang termasuk sumber energi terbarukan adalah cahaya matahari, panas bumi, angin, air, biomassa, biogas, dan gelombang laut.

Sumber energi di atas tidak akan habis karena sumbernya alami.

Sedangkan, sumber energi tak terbarukan adalah sumber yang bisa memproduksi energi dengan menghabiskan sumber daya alam dan butuh waktu jutaan tahun untuk mengembalikannya.

Yang termasuk sumber energi tak terbarukan antara lain sumber energi fosil yang meliputi batu bara, minyak bumi, dan gas alam, yang kita kenal dengan bahan bakar fosil.

Bahan bakar fosil itu suatu saat bisa habis, teman-teman.

Dalam penggunaannya, sumber energi terbarukan juga lebih bersih dan tidak menghasilkan polusi udara seperti sumber energi tak terbarukan.

Baca Juga: Mengenal Sumber-Sumber Energi Listrik, Salah Satunya Tenaga Surya