Bumi Berputar Lebih Cepat di 2021, Apa Dampaknya bagi Kehidupan?

By Iveta Rahmalia, Jumat, 4 Juni 2021 | 10:35 WIB
Berdasarkan penemuan ilmuan tahun 2020, saat ini Bumi mulai berputar lebih cepat dan membuat durasi hari jadi lebih pendek. (Pixabay)

Bobo.id - Tahukah teman-teman? Berdasarkan penemuan ilmuan tahun 2020, saat ini Bumi mulai berputar lebih cepat dan membuat durasi hari jadi lebih pendek.

Hasil penemuan ini menunjukkan bahwa perputaran atau rotasi Bumi saat ini adalah yang tercepat selama 50 tahun terakhir.

Sebab, Bumi berotasi lebih cepat sekian milidetik dari rata-rata.

Baca Juga: Ciri-Ciri dan Karakteristik Planet Bumi, Planet Paling Ideal untuk Makhluk Hidup

Apa Penyebab Bumi Berputar Lebih Cepat?

Pada dasarnya, rotasi Bumi bisa dipengaruhi oleh berbagai hal. Di antaranya adalah efek pasang surut Bulan dan Matahari serta distribusi massa keseluruhan di Bumi.

Selain itu, panjang dan pendeknya hari juga bisa dipengaruhi oleh aktivitas seismik, cuaca, lautan, dan medan magnet Bumi.

Namun, sampai saat ini, para ilmuwan masih belum sepenuhnya yakin apa yang menyebabkan rotasi bumi jadi lebih cepat selama 50 tahun terakhir ini.

Meski begitu, ada beberapa ahli yang berpendapat bahwa Bumi berputar lebih cepat di 2021 ini karena dipicu oleh mencairnya gletser selama abad ke-20.

Gletser merupakan endapan es atau bongkahan es besar yang terbentuk di atas permukaan tanah.

Lalu, apakah Bumi akan terus berputar lebih cepat? Para ahli memperkirakan bahwa percepatan ini hanya sementara, teman-teman.

Jadi, Bumi akan mulai melambat lagi di masa depan.

Baca Juga: Apa Itu Gaya Gravitasi? Berikut Pengertian, Bukti, dan Manfaatnya