Apa Saja Persiapan Rumah Sakit untuk Menghadapi Gelombang Ketiga COVID-19? Ini Penjelasannya

By Ikawati Sukarna, Senin, 27 September 2021 | 16:15 WIB
Antisipasi terhadap gelombang ketiga COVID-19. (Pixabay)

Bobo.id - Gelombang ketiga COVID-19 di Indonesia diperkirakan terjadi pada Desember 2021. Untuk itu, para epidemiolog mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan waspada. 

Selain itu, Persi atau perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia juga melakukan koordinasi dengan seluruh rumah sakit di Indonesia. 

Hal ini dilakukan untuk melakukan antisipasi dan persiapan terhadap gelombang ketiga COVID-19

Dikutip dari Kompas.com, Lia Partakusuma, selaku Sekretaris Jenderal Persi mengatakan bahwa persiapan tersebut dilakukan karena negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Filipina, dan Australia mengalami kenaikan angka pasien COVID-19. 

Baca Juga: Gelombang Ketiga COVID-19 di Indonesia Diprediksi Terjadi pada Desember, Ini Penjelasannya

Lia Partakusuma juga menambahkan bahwa sudah ada langkah-langkah antisipasi dan persiapan yang dilakukan, untuk menghadapi gelombang ketiga COVID-19 antara lain: 

1. Kesiapan Tempat Tidur

Untuk mengantisipasi gelombang ketiga, pihak rumah sakit sudah menyiapkan tempat tidur. Sehingga tempat tidur tersebut bisa digunakan ketika diperlukan. 

2. Kesiapan Logistik 

Harus memiliki cadangan logistik, seperti obat-obatan COVID-19, alat kesehatan, alat pelindung diri, oksigen, dan seterusnya. 

Perlu diketahui bahwa pengadaan bahan logistik tersebut harus memperhatikan aspek legal, tidak diperbolehkan membeli barang tanpa adanya surat izin edar.