Bobo.id - Pada beberapa teks cerita, sering kali terdapat beberapa pertanyan yang terkait agar teman-teman lebih mamahami isi cerita.
Seperti pada materi kelas 3 SD tema 5, ada sebuah cerita tentang "Persahabatan Matahari dan Awan" yang berkaitan dengan cuaca serta membaca nyaring.
Carita tersebut dibuat untuk dibacakan secara nyaring di depan kelas.
Sebelum mencobanya, teman-teman harus memahami pengertian dari membaca nyaring.
Baca Juga: Fungsi dan Contoh Pakaian Adat di Indonesia, Materi Kelas 3 SD Tema 5
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), membaca adalah melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis, atau diartikan juga mengeja, melafalkan apa yang ditulis.
Sedangkan nyaring sendiri menurut KBBI memiliki arti keras, tinggi, terang, dan lantang.
Jadi, bisa disimpulkan bahwa membaca nyaring adalah cara membaca tulisan dengan suara yang keras, tinggi, atau lantang.
Pada pengertian lain, membaca nyaring merupakan kegiatan atau keterampilan membaca dan memahami isi bacaan yang rumit dengan ucapan serta intonasi yang jelas.
Teknik membaca ini juga bisa melibatkan perasaan dari isi bacaan.
Dengan menampilkan perasaan dari yang dibaca, pendengar atau teman-teman sendiri bisa benar-benar memahami isi bacaan.
Melalui bacaan berikut, teman-teman dapat berlatih membaca nyaring di depan kelas atau beberapa teman.
Sebelum mulai membaca nyaring, ada baiknya teman-teman mamahami isi cerita di bawah ini.
Untuk bisa memahami lebih detail, ada beberapa soal yang terkait dengan bacaan.
Berikut akan ditunjukan jawaban dari soal-soal tersebut, agar teman-teman lebih memahami bacaan teks "Persahabatan Matahari dan Awan".
Baca Juga: 4 Manfaat Latihan Kelenturan Tubuh, Materi Penjasorkes Kelas 3 SD
Persahabatan Matahari dan Awan
Matahari telah lama bersahabat dengan Awan.
Mereka saling membantu satu sama lain.
Terkadang, mereka berbagi cerita ataupun keluh kesah.
Suatu hari, Matahari terlihat kesal.
"Aku akan keluarkan sinar terikku untuk bumi," ucap Matahari.
"Mengapa engkau ingin bersinar terik sahabatku?" tanya Awan.
"Aku sedang kesal. Manusia sering tidak disiplin," jawab Matahari.
"Maksudmu, bagaimana? Manusia yang tidak disiplin, mengapa engkau yang kesal?" tanya Awan.
"Iya, mereka sering seenaknya saja. Sudah aku bangunkan pagi hari. Menggunakan sinar yang lembut. Akan tetapi, mereka tetap tidak bangun. Saat siang hari, sinarku sangat terik. Mereka malah asik bermain. Harusnya, mereka beristirahat di rumah. Sinar terikku saat siang hari dapat membakar kulit mereka," ungkap Matahari.
"Mungkin manusia tidak bermaksud demikian, Matahari? Mereka tetap bermain saat sinarmu terik. Mereka ingin memanfaatkan cuaca cerah itu," ujar Awan.
"Kamu bayangkan, saat wajahmu bersembunyi terus di balik tubuhku, hujan turun sepanjang hari. Manusia tidak dapat melakukan aktivitasnya. Jadi, hari ini, engkau menampakkan wajahmu. Mereka memanfaatkannya untuk bermain."
Baca Juga: Cara Hangatkan Tubuh saat Cuaca Hujan, Materi Kelas 3 SD Tema 5
Pertanyaan tentang Cerita "Persahabatan Matahari dan Awan"
1. Siapakah tokoh yang terdapat dalam cerita tersebut?
Tokoh pada cerita tersebut adalah Matahari dan Awan.
2. Apakah yang membuat Matahari merasa kesal?
Matahari kesal kepada sikap manusia di bumi.
3. Apakah yang telah dilakukan manusia sehingga Matahari kesal?
Manusi banyak yang bangun terlalu siang, sedangkan matahari sudah memberikan sinar lembut di pagi hari.
Matahari juga merasa kesal karena banyak manusia yang berkeliaran di luar rumah untuk bermain dan beraktivitas pada siang hari saat panas terik.
4. Seandainya kalian menjadi Matahari. Apa yang akan kalian lakukan terhadap manusia yang tidak disiplin?
Mengingatkan dengan perubahan cuaca yang bisa membuat manusia merasa tidak nyaman.
Nah, itu tadi penjelasan tentang membaca nyaring pada cerita berjudul "Persahabatan Matahari dan Awan".
Tonton video ini, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.