5 Langkah Membuat Iklan yang Berkesan bagi Audiens

By Thea Arnaiz, Rabu, 12 Januari 2022 | 18:40 WIB
Mengetahui cara membuat iklan yang mengesankan. (Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels)

Bobo.id - Teman-teman pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya iklan. Iklan bisa kita temui di mana saja, terutama di tempat-tempat umum.

Tujuan iklan sendiri adalah untuk memperkenalkan produk baru, membangun merek dagang, dan mengimbangi pesaing.

Umumnya, setiap perusahaan jenis apapun membutuhkan kegiatan beriklan agar meningkatkan pelanggan dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Lalu, bagaimana cara membaut iklan yang berkesan bagi konsumen, ya?

Untuk mengetahuinya, teman-teman bisa menyimak langkah-langkah membuat iklan yang berkesan berikut ini. Yuk, simak penjelasannya. 

1. Memilih Audiens 

Audiens berarti orang-orang yang menjadi sasaran dalam iklan ini. Sebelum teman-teman beriklan, lebih baiknya tentukan lebih dahulu sasaran iklannya.

Sasarannya bisa berupa wilayah, jenis kelamin, umur, atau kebiasaan. Dengan begitu, kita bisa membuat iklan yang tepat sasaran untuk memasarkan produk.

Kita juga bisa menyesuaikan desain, pesan, dan media iklan yang disesuaikan dengan target audiens kita.

Baca Juga: Jenis-Jenis Iklan Media Elektronik Beserta Ciri-Ciri dan Perbedaannya

2. Melakukan Riset Pasar 

Setalah mengetahui target audiens, teman-teman perlu melakukan riset pasar.

Riset pasar ini adalah penelitian untuk mengetahui masalah, informasi, pengumpulan data, dan dilaporkan.

Hal ini bertujuan untuk mengembangkan strategi iklan yang tepat. Jadi, kita tidak salah mengiklankan suatu produk pada audiens.

Riset pasar ini berupa pengumpulan informasi pendapatan audiens, minat dan kebiasaan audiens, umur audiens, dan lain-lain. 

3. Memilih Media Beriklan 

Langkah selanjutnya adalah memilih media untuk beriklan. Iklan bisa kita cetak dan disebar ke konsumen untuk mengetahui produk kita.

Namun, saat ini iklan tidak hanya dicetak. Iklan juga bisa disebarkan melalui media sosial, lo.

Media sosial banyak penggunanya, dengan begitu kita bisa mengiklankan produk kita diaplikasi tersebut.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Iklan Informatif? Ini Penjelasannya

Contohnya, beriklan di Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lainya. Kita juga bisa beriklan di televisi, radio, koran, dan podcast (siaran web), lo. 

4. Membuat Pesan yang Mudah Diingat 

Salah satu hal penting yang tidak boleh dilupakan ketika membuat iklan adalah membuat pesan yang mudah diingat.

Jika kita bisa menemukan pesan yang berkesan bagi audiens, produk kita akan mudah diingat oleh mereka.

Pastikan kalau melalui pesan tersebut, produk kita berbeda dari produk lainnya.

Dengan adanya pesan, selain memudahkan mengingat produk, pesan juga bisa menarik perhatian audiens.

Untuk itu, berpikirlah sekreatif mungkin agar pesan dari produk kita asli dan menarik. 

5. Membuat Video 

Selain membuat iklan dalam bentuk gambar, kita juga bisa membuat iklan dalam bentuk video.

Baca Juga: Jenis-Jenis Iklan, dari Berdasarkan Isi hingga Berdasarkan Tujuannya

Dengan adanya video yang menarik perhatian, akan semakin banyak audiens yang tertarik.

Pastikan video tersebut menyampaikan pesan penting, yaitu memperkenalkan produk kita.

Hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika membuat video iklan adalah, pemilihan media publikasi, ukuran video, dan format video. 

Nah, itulah langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk membuat iklan yang berkesan. 

Tonton video ini, yuk!

----  

Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.