Bobo.id - Pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas 6 SD, pembelajaran 3, tepatnya halaman 62, materinya adalah mengenal perangkat lunak pembuat program.
Melalui materi ini teman-teman akan mencoba membuat program komputer dengan sederhana menggunakan perangkat lunak Scratch.
Jika belum ada di komputer teman-teman, kita bisa mengunduhnya terlebih dahulu. Setelah itu, teman-teman bisa membuat animasi menggunakan Scratch.
Animasi ini bisa ditambahi suara, bisa digerakkan, ditambahi tulisan, dan lain-lain.
Oleh karena itu, jika ingin memahami materi ini lebih dalam, teman-teman bisa menyimak contoh soal dan pembahasan berikut ini.
Contoh soal dan pembahasan ini bisa mempermudah teman-teman mengetahui perangkat lunak pembuat program yaitu Scratch. Yuk, simak berikut ini.
1. Jelaskan langkah-langkah menginstall Scratch!
Jawaban:
- Bukalah web browser yang ada di komputer.
- Ketik, http://scratch.mit.edu/scratch_1.4/ pada kolom pencarian.
- Setelah itu, pilih installer Scratch yang sesuai dengan sistem komputer dan tunggu proses pengunduhan selesai.
- Jika sudah, masuklah ke folder penyimpanan di mana file Scratch disimpan dan klik sebanyak dua kali.
- Klik Next hingga muncul kotak dialog dan klik Next lagi.
- Lalu, klik Install dan tunggu. Terakhir klik Finish.
2. Apa saja yang dapat dilakukan menggunakan Scratch?
Jawaban:
Scratch adalah program gratis yang bisa digunakan untuk membuat animasi.
3. Jelaskan cara membuat Sprite dengan cara melukis!
Jawaban:
- Bukalah Scratch dengan cara mengklik dua kali pada ikon Scratch di tampilan layar komputer.
- Setelah itu, pilihlah Sprite baru dan klik ikon bintang dengan kuas. Letaknya ada di bagian bawah lembar kerja Sprite.
- Jika sudah, kita akan mendapatkan lembar kerja baru dan bisa memanfaatkan fitur-fitur untuk melukis Sprite baru.
4. Bagaimana cara memperbesar dan memperkecil Sprite?
Jawaban:
- Memperbesar: kita hanya perlu mengklik ikon perbesar beberapa kali sesuai kebutuhan. Letak ikon ini ada di pojok kiri atas lembar kerja.
- Memperkecil: kita hanya perlu mengklik ikon perkecil beberapa kali sesuai kebutuhan. Letak ikon ini ada di pojok kiri atas lembar kerja.
5. Jelaskan cara untuk mengimpor proyek Scratch!
Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan tentang Pengenalan Perangkat Lunak Pembuat Program, Materi TIK Kelas 6 SD
Jawaban:
- Buatlah proyek baru dengan cara mengklik File dan pilih Baru.
- Setelah itu, hapuslah Sprite default (bawaan) yang bergambar kucing.
- Lalu, imporlah dengan mengklik File dan klik lagi pada Impor.
- Selanjutnya, klik tombol Contoh-contoh dan pilih jenis proyek yang ingin dimasukkan. Misalnya, Animation dan pilih Aquarium.
- Jika sudah, tinggal klik Ok.
Contoh soal dan pembahasan ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar di rumah.
Sumber: Buku Siswa Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas 6 SD.
Tonton video ini, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.