Contoh Soal dan Pembahasan tentang Perangkat Lunak Pembuat Program Scratch, Materi TIK Kelas 6 SD

By Thea Arnaiz, Selasa, 15 Februari 2022 | 08:00 WIB
Contoh soal dan pembahasan mengenai perangkat lunak pembuat program Scratch, Materi TIK Kelas 6 SD. (Foto oleh Christina Morillo dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas 6 SD, pembelajaran 3, tepatnya halaman 62, materinya adalah mengenal perangkat lunak pembuat program.

Melalui materi ini teman-teman akan mencoba membuat program komputer dengan sederhana menggunakan perangkat lunak Scratch.

Jika belum ada di komputer teman-teman, kita bisa mengunduhnya terlebih dahulu. Setelah itu, teman-teman bisa membuat animasi menggunakan Scratch.

Animasi ini bisa ditambahi suara, bisa digerakkan, ditambahi tulisan, dan lain-lain.

Oleh karena itu, jika ingin memahami materi ini lebih dalam, teman-teman bisa menyimak contoh soal dan pembahasan berikut ini.

Contoh soal dan pembahasan ini bisa mempermudah teman-teman mengetahui perangkat lunak pembuat program yaitu Scratch. Yuk, simak berikut ini. 

1. Jelaskan langkah-langkah menginstall Scratch! 

Jawaban: 

- Bukalah web browser yang ada di komputer. 

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 9, Apa Perbedaan Latar Cerita di Awal dan di Akhir pada Cerita Fiksi ‘Jejak Pemuda Pembangun Desa’ ?

- Ketik, http://scratch.mit.edu/scratch_1.4/ pada kolom pencarian. 

- Setelah itu, pilih installer Scratch yang sesuai dengan sistem komputer dan tunggu proses pengunduhan selesai. 

- Jika sudah, masuklah ke folder penyimpanan di mana file Scratch disimpan dan klik sebanyak dua kali. 

- Klik Next hingga muncul kotak dialog dan klik Next lagi. 

- Lalu, klik Install dan tunggu. Terakhir klik Finish. 

2. Apa saja yang dapat dilakukan menggunakan Scratch? 

Jawaban: 

Scratch adalah program gratis yang bisa digunakan untuk membuat animasi.  

3. Jelaskan cara membuat Sprite dengan cara melukis! 

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 9, Apa Perbedaan Latar Cerita di Awal dan di Akhir pada Cerita Fiksi ‘Jejak Pemuda Pembangun Desa’ ?

Jawaban: 

- Bukalah Scratch dengan cara mengklik dua kali pada ikon Scratch di tampilan layar komputer. 

- Setelah itu, pilihlah Sprite baru dan klik ikon bintang dengan kuas. Letaknya ada di bagian bawah lembar kerja Sprite. 

- Jika sudah, kita akan mendapatkan lembar kerja baru dan bisa memanfaatkan fitur-fitur untuk melukis Sprite baru. 

4. Bagaimana cara memperbesar dan memperkecil Sprite? 

Jawaban: 

- Memperbesar: kita hanya perlu mengklik ikon perbesar beberapa kali sesuai kebutuhan. Letak ikon ini ada di pojok kiri atas lembar kerja. 

- Memperkecil: kita hanya perlu mengklik ikon perkecil beberapa kali sesuai kebutuhan. Letak ikon ini ada di pojok kiri atas lembar kerja. 

5. Jelaskan cara untuk mengimpor proyek Scratch! 

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan tentang Pengenalan Perangkat Lunak Pembuat Program, Materi TIK Kelas 6 SD

Jawaban: 

- Buatlah proyek baru dengan cara mengklik File dan pilih Baru. 

- Setelah itu, hapuslah Sprite default (bawaan) yang bergambar kucing. 

- Lalu, imporlah dengan mengklik File dan klik lagi pada Impor. 

- Selanjutnya, klik tombol Contoh-contoh dan pilih jenis proyek yang ingin dimasukkan. Misalnya, Animation dan pilih Aquarium. 

- Jika sudah, tinggal klik Ok. 

Contoh soal dan pembahasan ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar di rumah. 

Sumber: Buku Siswa Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas 6 SD.  

Tonton video ini, yuk! 

----  

Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.