Bobo.id - Pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas 6 SD, pembelajaran 3, tepatnya halaman 49, materinya adalah mengenal perangkat lunak pembuat program.
Meskipun pemrograman komputer banyak dilakukan oleh programmer ahli, tapi bukan berarti teman-teman tidak bisa belajar membuat program komputer.
Untuk mempelajarinya dengan sederhana, teman-teman bisa dibantu dengan perangkat lunak bernama Scratch.
Untuk menggunakannya, kita perlu menginstal Scratch ke komputer.
Jika sudah, teman-teman bisa mengenali ikon di Scratch beserta fungsinya, membuat animasi sederhana di Scartch, dan mengedit pemrograman itu sesuai kemampuan belajar kita.
Oleh karena itu, jika ingin memahami materi ini lebih dalam, teman-teman bisa menyimak contoh soal dan pembahasan berikut ini.
Contoh soal dan pembahasan ini bisa mempermudah teman-teman mengetahui perangkat lunak pembuat program. Yuk, simak berikut ini.
1. Apa yang dimaksud dengan Sprite?
Jawaban:
Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan tentang Pengenalan Pemrograman Komputer, Materi TIK Kelas 6 SD
Sprite adalah objek yang akan dianimasikan. Sprite ini secara default (bawaan) berwujud seekor kucing.
2. Apa nama blok yang berisi gerakan-gerakan yang bisa dilakukan oleh Sprite?
Source | : | Penerbit Duta |
Penulis | : | Thea Arnaiz |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR