Bobo.id - Pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas 6 SD, pembelajaran 3, tepatnya halaman 49, materinya adalah mengenal perangkat lunak pembuat program.
Meskipun pemrograman komputer banyak dilakukan oleh programmer ahli, tapi bukan berarti teman-teman tidak bisa belajar membuat program komputer.
Untuk mempelajarinya dengan sederhana, teman-teman bisa dibantu dengan perangkat lunak bernama Scratch.
Untuk menggunakannya, kita perlu menginstal Scratch ke komputer.
Jika sudah, teman-teman bisa mengenali ikon di Scratch beserta fungsinya, membuat animasi sederhana di Scartch, dan mengedit pemrograman itu sesuai kemampuan belajar kita.
Oleh karena itu, jika ingin memahami materi ini lebih dalam, teman-teman bisa menyimak contoh soal dan pembahasan berikut ini.
Contoh soal dan pembahasan ini bisa mempermudah teman-teman mengetahui perangkat lunak pembuat program. Yuk, simak berikut ini.
1. Apa yang dimaksud dengan Sprite?
Jawaban:
Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan tentang Pengenalan Pemrograman Komputer, Materi TIK Kelas 6 SD
Sprite adalah objek yang akan dianimasikan. Sprite ini secara default (bawaan) berwujud seekor kucing.
2. Apa nama blok yang berisi gerakan-gerakan yang bisa dilakukan oleh Sprite?
Jawaban:
Namanya adalah Motion atau gerakan.
3. Blok apa yang berisi fungsi untuk mengubah tampilan?
Jawaban:
Namanya adalah Looks atau Tampilan.
4. Bagaimana cara memperbesar dan memperkecil Sprite?
Jawaban:
Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 3 SD Tema 6, Mengapa Ada Daerah Kekurangan Air Bersih?
Untuk memperbesar Sprite, kita perlu mengklik ikon perbesar pada Sprite. Semakin sering diklik, maka Sprite akan semakin besar.
Sedangkan untuk memperkecil Sprite, kita perlu mengklik ikon perkecil. Semakin sering diklik, maka Sprite akan semakin membesar.
5. Bagaimana cara menyimpan file atau proyek yang sudah dibuat di Scratch?
Jawaban:
- Buatlah proyek baru dengan mengklik menu File dan pilih Baru.
- Lalu, klik blok Motion dan pilih aksi lain sesuai keinginan kita.
- Kita juga bisa mengklik blok Sound atau Control.
- Setelah selesai membuat proyek, kita bisa mengklik File dan pilih Simpan.
- Ketik nama baru dan tekan tombol Ok agar bisa tersimpan.
Baca Juga: Contoh Kalimat dan Dialog Bahasa Inggris 'Asking and Giving Fact'
Contoh soal dan pembahasan ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar di rumah.
Sumber: Buku Siswa Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas 6 SD.
Tonton video ini, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | Penerbit Duta |
Penulis | : | Thea Arnaiz |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR