3 Negara Ini Lakukan Vaksin Booster Keempat, Apakah Indonesia Juga?

By Thea Arnaiz, Jumat, 25 Februari 2022 | 13:00 WIB
Vaksin booster keempat sudah dilakukan di beberapa negara. (Foto oleh Nataliya Vaitkevich dari Pexels)

Bobo.id - Benarkah kita akan melakukan vaksin booster keempat setelah vaksin ketiga atau booster?

Nah, menurut Dante Saksono, Wakil Menteri Kesehatan, berencana untuk memberlakukan program vaksinasi booster dosis keempat.

Hal ini disebabkan, karena vaksin booster bertujuan untuk memberikan tambahan efek perlindungan yang sudah menurun dari vaksinasi dosis lengkap.

Tapi, yang paling penting saat ini adalah semua masyarakat Indonesia bisa mendapatkan vaksinasi kesatu, kedua, dan vaksin booster ketiga terlebih dahulu.

Selain itu, Indonesia juga masih perlu melakukan evaluasi dengan pengadaan vaksinasi booster keempat, apakah diperlukan atau tidak.

Lalu, bagaimana vaksin dosis keempat di negara lain, ya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 

1. Vaksin Dosis Keempat di Israel 

Ternyata, israel jadi negara pertama di dunia yang mengampanyekan vaksinasi massal COVID-19 untuk penduduk negaranya, lo.

Menurut, Direktur Kementerian Kesehatan Israel, Nachman Ash, negaranya sudah mengumumkan vaksin COVID-19 dosis keempat dan diberikan kepada masyarakat yang sudah berusia 18 tahun dan lanjut usia.

Baca Juga: BERITA POPULER: Fenomena Hujan Es di Surabaya hingga Gejala Omicron pada Orang yang Sudah Vaksin Lengkap dan Booster

Selanjutnya, vaksin dosis keempat juga diberikan kepada pekerja yang risiko pekerjaannya rawan terkena infeksi COVID-19.

Untuk vaksin dosis keempatnya sendiri, negara Israel menggunakan vaksin jenis Pfizer.