23 Maret Diperingati sebagai Hari Meteorologi Sedunia, Cari Tahu Manfaat Belajar Ilmu Meteorologi, yuk!

By Grace Eirin, Rabu, 23 Maret 2022 | 13:30 WIB
Hari Meteorologi Sedunia diperingati setiap tanggal 23 Maret. (Andrew Beatson/Pexels)

Bobo.id - Hari Meteorologi Sedunia 2022 diperingati pada tanggal 23 Maret setiap tahunnya.

Hari Meteorologi Sedunia diperingati sebagai pengingat pembentukan Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), yang didirikan pada 23 Maret 1950.

Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) adalah sebuah badan spesialisasi di bidang meteorologi, hidrologi operasional, dan geofisika, di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Hari ini, sudah 72 tahun organisasi tersebut berdiri, dan telah banyak mengedukasi masyarakat akan pentingnya meteorologi.

Selain sebagai peringatan berdirinya World Meteorological Organization, Hari Meteorologi Sedunia juga merupakan bentuk apresiasi terhadap kinerja para ahli meteorologi dan semua pihak. 

Sebab, mereka telah terlibat dalam pengumpulan data terkait cuaca dan dampaknya terhadap kehidupan manusia.

Ilmu meteorologi mempelajari tentang cabang dari ilmu atmosfer yang mencakup kimia atmosfer dan fisika atmosfer, dengan fokus utama berada pada ilmu prakiraan cuaca. 

Dilansir dari laman resmi WMO, pada tahun 2022, Hari Meteorologi Sedunia mengambil tema Early Warning and Early Action atau Peringatan Dini dan Tindakan Dini.

Melalui tema ini, WMO mengharapkan orang-orang mulai menyoroti atau memperhatikan informasi hidrometeorologi dan iklim untuk pengurangan risiko bencana. 

Baca Juga: Sama-Sama Peristiwa Alam Berbahaya, Apa Perbedaan Antara Siklon, Badai, dan Topan?

Manfaat Ilmu Meteorologi

Ketika kita membahas tentang meteorologi, maka pembahasan tidak akan jauh dari suhu, tekanan udara, uap air, cuaca, dan fenomena alam.