Ada Hewan Berbisa dan Ada Juga Hewan Beracun, Apa Perbedaannya?

By Grace Eirin, Rabu, 30 Maret 2022 | 19:30 WIB
Apa perbedaan hewan berbisa dan beracun? (Deepak Yadav/Unsplash)

Bobo.id - Teman-teman, coba sebutkan hewan apa saja yang termasuk beracun? Ada tarantula, katak beracun, dan sebagainya. 

Kalau hewan berbisa, ada apa saja? Ada beragam jenis ular yang memiliki bisa berbahaya dari taringnya. 

Nah, tahukah kamu kalau hewan beracun dan hewan berbisa itu berbeda? Yuk, cari tahu perbedaannya di sini!

Hewan Beracun

Dalam bahasa Inggris, racun disebut dengan poison. Poisonous adalah kata yang berarti 'beracun'.

Saat seseorang menyentuh atau mengonsumsi sesuatu yang membuatnya merasakan sakit, ini artinya apa yang disentuh atau dikonsumsinya beracun, yang menyebabkan keracunan.

Jadi, racun dari hewan bisa berasal dari mana saja, seperti kulitnya atau bulunya, contohnya katak racun emas Kolombia (Phyllobates terribilis).

Katak racun emas ini mengeluarkan racun bernama batrachotoxin dari kelenjar di kulitnya. Racun ini berbahaya dan mematikan, teman-teman. 

Racun juga tidak hanya dimiliki oleh hewan, melainkan juga dimiliki oleh tumbuhan. Misalnya, ada beberapa jenis jamur atau beri hutan beracun yang berbahaya jika dikonsumsi.

Baca Juga: Hore! Seekor Badak Sumatra Telah Lahir di Lampung, Berapa Lama Masa Kehamilan Badak?

Ada juga ikan paling beracun di dunia, yaitu ikan buntal. Ikan buntal (Tetraodontidae), nama ilmiahnya diambil dari jenis racun ikan buntal yaitu tetrodotoxin.

Zat tetrodotoxin ini sangat berbahaya bagi ikan lain maupun manusia dan 1.200 kali lebih berbahaya daripada racun sianida.