Mengapa Teks Iklan Harus Mengandung Kalimat Persuasif? Ini Alasan dan Penjelasannya

By Grace Eirin, Kamis, 31 Maret 2022 | 12:00 WIB
Teks iklan harus mengandung kalimat persuasif. (Dennis Maliepaard/Unsplash)

Bobo.id - Iklan bisa kita temukan dari berbagai media, seperti televisi, internet, laman web, media massa, media sosial, dan sebagainya. 

Iklan merupakan salah satu bagian dari industri perdagangan yang berfungsi untuk menawarkan produk supaya dapat laku dijual di masyarakat.

Namun, iklan tidak hanya menawarkan produk, iklan juga bisa memberikan informasi sehingga pembaca teks iklan mendapat pengetahuan baru.

Berdasarkan unsur pembentuknya, iklan harus memiliki pesan yang ingin disampaikan, bisa berwujud verbal dan nonverbal. 

Pesan verbal yaitu pesan yang disampaikan secara lisan (bukan tertulis), biasanya terdapat pada iklan di televisi atau media sosial berupa video. 

Sementara pesan nonverbal adalah pesan yang tidak menggunakan kata-kata. Jadi penyampaiannya melalui bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan sebagainya. 

Nah, dalam penyampaian pesan-pesan tersebut, iklan harus menggunakan kaidah kebahasaan, contohnya penggunaan kalimat persuasif. 

Mengapa teks iklan harus mengandung kalimat persuasif?

Yuk, cari tahu jawaban dan penjelasan mengenai apa itu kalimat persuasif dari sini!

Baca Juga: Dari Banyaknya Planet di Tata Surya, Mengapa Planet Mars yang Paling Sering Diteliti Manusia?

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Iklan harus menarik pembaca atau pendengar supaya objek dapat menerima dan membeli barang atau jasa yang ditawarkan.