5 Tradisi Ngabuburit Unik di Berbagai Daerah Indonesia, Pernah Lakukan?

By Fransiska Viola Gina, Senin, 25 April 2022 | 15:00 WIB
Tradisi ngabuburit beberapa daerah di Indonesia. (PIXABAY/sasint)

Bobo.id - Tradisi ngabuburit sudah tidak terdengar asing di telinga kita, ya. 

Memasuki bulan Ramadan, banyak orang mengajak kerabat atau orang terdekat untuk melakukan ngabuburit menjelang waktu berbuka puasa.

Ada yang mengisinya dengan berdoa serta melakukan kegiatan rohani, ada yang menyiapkan hidangan untuk berbuka puasa, dan lain-lain.

Beragamnya suku dan budaya yang ada di Indonesia, ini membuat beberapa daerah di Indonesia memiliki tradisi unik dan menyenangkan saat ngabuburit, lo. 

Penasaran seperti apa tradisi ngabuburit yang ada di Indonesia? Yuk, jelajahi berbagai daerah di Nusantara yang memiliki tradisi ngabuburit unik!

1. Kumbohan, Lamongan

Tahukah teman-teman, tradisi kumbohan ini merupakan tradisi mencari ikan di Sungai Bengawan Solo yang kerap dilakukan oleh warga Lamongan Sembari menunggu waktu berbuka. 

Tradisi ini sudah dilakukan sejak lama tiap kali air sungai surut. Ini karena ketika surut, ikan menjadi mabuk sehingga mudah ditangkap. 

Jenis ikan yang ditangkap bisa bermacam-macam, mulai dari bandeng hingga udang. 

Baca Juga: Bisa Dicoba sambil Ngabuburit, Ini Resep Kue Putri Salju Cokelat Berempah untuk Lebaran

Tradisi ini diikuti oleh berbagai usia, muda hingga paruh baya, laki-laki maupun perempuan. Warga terlihat antusias dalam menangkapan ikan. 

Tidak hanya menangkap ikan, lo. Hasil tangkapan warga ini juga akan dimasak sebagai hidangan berbuka puasa yang lezat.