Puncak Arus Mudik Diprediksi Terjadi pada 29 April 2022, Provinsi Mana yang jadi Tujuan Paling Banyak?

By Grace Eirin, Jumat, 29 April 2022 | 14:00 WIB
Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada 29 April 2022. (Stan/pexels)

Bobo.id - Akhir minggu ini, banyak masyarakat Indonesia yang telah berangkat ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idulfitri bersama keluarga. 

Pemerintah juga sudah memberikan izin kepada masyarakat untuk melakukan mudik lebaran pada tahun 2022 dengan syarat sudah mendapatkan vaksinasi booster.  

Nah, apakah teman-teman juga sudah mulai berangkat mudik ke kampung halaman orang tua? Jika belum, kamu perlu bersiap-siap sebab besok tanggal 29 April 2022, diprediksi terjadi puncak arus mudik

Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek sempat mengalami kemacetan pada Kamis (28/4/2022) pagi.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, penutupan dilakukan sejak pukul 08.15 WIB seiring dengan meningkatnya volume kendaraan yang datang dari arah Jakarta.

Berdasarkan hasil survei tentang potensi pemudik pada mudik Lebaran 2022 yang dilakukan oleh Badan Litbang Perhubungan (Balitbanghub) ditemukan bahwa pengguna kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor akan mendominasi pergerakan mudik.

Tercatat, sebanyak 40 juta orang memilih menggunakan kendaraan pribadi, dari total 79,4 juta orang yang diprediksi akan melakukan mudik.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, pilihan moda transportasi terbanyak kedua setelah kendaraan pribadi, yaitu:

- Angkutan jalan (bus dan penyeberangan) sebanyak 26,7 juta orang

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Mudik Tanpa Membatalkan Puasa

- Pesawat 8,9 juta orang

- Kereta api 8,2 juta orang