Bikin Penasaran, Mengapa saat Tidur, Mata Kita Bergerak dengan Cepat?

By Grace Eirin, Sabtu, 30 April 2022 | 19:00 WIB
Saat tidur, mata kita yang terpejam sering bergerak dengan cepat. (Artem Podrez/pexels)

Bobo.id - Saat kita tidur, kita tidak bisa menyadari apa yang tubuh kita lakukan, sebab mata kita terpejam. 

Namun sebenarnya, otak kita tetap sibuk mengatur gerakan tubuh dan kerja organ selama kita tidur, lo. 

Selain mengatur kerja organ dan gerakan tubuh, otak juga membuat kita bermimpi saat tidur. 

Seorang ilmuwan dari Harvard, Stickgold menjelaskan bahwa isi mimpi adalah bagian dari mekanisme otak yang dapat digunakan di masa depan. 

Para ilmuwan menerjemahkan, cara kerja otak ketika tubuh kita sedang tidur adalah untuk mempersiapkan kerja otak ketika sedang bangun. 

Meskipun kita tidak menyadari apa yang dilakukan bagian tubuh lain ketika sedang tidur, otak sebenarnya sedang sibuk membangun sesuatu di dalam pikiran kita. 

Nah, dalam proses kita tertidur dan bermimpi ini, mata kita sebenarnya bergerak dengan cepat, teman-teman. Yuk, cari tahu mengapa hal ini terjadi!

Mengapa Manusia Bermimpi? 

Dilansir dari Livescience, selama sekitar 60 tahun, para peneliti mengetahui bahwa mimpi terjadi selama fase tidur gerakan mata cepat (Rapid Eye Movement). 

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ternyata Ini 4 Manfaat Tidur Tanpa Bantal untuk Kesehatan

Inilah mengapa para ilmuwan berpendapat, saat bermimpi mata kita sering bergerak dengan cepat untuk menangkap gambar-gambar.

Setelah melakukan beberapa penelitian, ditemukanlah hipotesis atau kesimpulan sementara bahwa gerakan mata selama tidur REM biasanya terjadi pada seseorang yang mengalami mimpi.