Hebat! Manusia Punya Pelindung yang Bisa Melawan Serangan Virus, Apa Namanya?

By Grace Eirin, Selasa, 10 Mei 2022 | 18:45 WIB
Apa nama bagian tubuh yang berfungsi melindungi tubuh dari virus? (freepik)

Bobo.id - Teman-teman, pernahkah kamu penasaran mengapa ada orang yang tidak mudah sakit meskipun orang-orang di sekitarnya sakit? 

Hal tersebut terjadi karena orang yang tidak mudah sakit ini mempunyai sistem imun yang baik. Sistem imun bisa melindungi kita dari "serangan" benda asing dari luar tubuh kita, lo.

Sistem perlindungan diri ini terbentuk dari kumpulan sel, jaringan, dan organ yang bekerja sama dengan baik untuk menghindarkan kita dari penyakit.

Salah satu bagian dari sistem pertahanan ini namanya leukosit atau kita kenal dengan sel darah putih.

Di dalam darah, terdapat 55 persen plasma darah, atau cairan berwarna kuning-putih. Kemudian sel darah merah sebanyak 41 persen, dan 4 persen sel darah putih.

Sel darah putih yang terdapat dalam aliran darah orang dewasa bisa mencapai 35 miliar sel darah putih. 

Jadi, dalam satu tetes darah terdapat 10.000 sel darah putih dan 250.000 trombosit. Nah, ada dua jenis leukosit yang bertugas melawan kuman, yaitu fagosit dan limfosit.

Fagosit dan limfosit dalam sel darah putih inilah yang menjadi pelindung super tubuh kita agar dapat melawan virus penyebab penyakit.

Fagosit

Baca Juga: Ternyata Tidak Memiliki Otot, Bagaimana Jari-jari Manusia Bisa Bergerak?

Fagosit yaitu jenis sel darah putih yang membantu tubuh manusia dalam melawan infeksi.

Jenis-jenis sel darah putih yang dapat melakukan fagositosis adalah neutrofil, monosit, eosinofil, dan sel pembuluh alami.