Mencapai 36 Derajat Celcius, Ini Alasan Mengapa Akhir-Akhir Ini Suhu Udara Semakin Panas

By Grace Eirin, Rabu, 11 Mei 2022 | 15:00 WIB
Penyebab suhu udara semakin panas di Indonesia. (jannoon028/freepik)

Bobo.id - Teman-teman, apakah kamu sering merasa kepanasan atau gerah akhir-akhir ini? Bukan tanpa alasan, ternyata suhu udara yang meningkat ini ada penyebabnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis data terkait suhu panas terik yang sedang melanda Indonesia.

Dikutip dari Instagram @infobmkg, BMKG mencatat bahwa suhu maksimum yang terukur sejak 1-7 Mei 2022 berada di kisaran 33-36,1 derajat celsius.

Beberapa wilayah seperti Tangerang, Banten dan Kalimarau, Kalimantan Utara, memiliki suhu maksimum mencapai 36,1 derajat celsius.

Menurut BMKG, suhu panas terik yang terjadi di wilayah Indonesia bukan merupakan fenomena gelombang panas.

Penyebab Suhu Udara Meningkat

Peneliti Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengatakan bahwa terdapat tiga faktor yang menyebabkan suhu panas terjadi di wilayah Indonesia.

Beliau menjelaskan melalui Kompas.com, Selasa (10/5/2022), bahwa ada tiga faktor utama yang menyebabkan suhu panas terjadi sejak akhir April hingga diperkirakan nanti bulan Juni mendatang. 

Faktor pertama adalah dari faktor astronomis letak matahari yang masih berada di atas wilayah Indonesia, meskipun sudah agak ke utara.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Heatstroke, Ini Gejala dan Pertolongan Pertamanya

Meskipun hari tanpa bayangan berakhir sejak 4 April lalu, intensitas radiasi mataharinya masih meningkat, sehingga radiasi yang diterima oleh permukaan bumi menjadi maksimum.

Kedua karena faktor tutupan atau liputan awan yang masih terhitung sangat sedikit di wilayah udara Indonesia.