Selamat! Menang atas Nepal 7-0, Timnas Garuda Lolos Piala Asia Tahun Depan

By Grace Eirin, Rabu, 15 Juni 2022 | 12:30 WIB
Timnas Garuda berhasil menang atas Nepal 7-0. (@afcasiancup/Twitter.com)

Bobo.id - Kabar gembira datang dari Timnas Sepak Bola Indonesia. Timnas Indonesia telah berhasil menang telak 7-0 atas Nepal pada laga penentuan Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pertandingan tersebut digelar di Stadion Internasional Al Ahmad, Kuwait, pada Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

Dengan kemenangan yang diraih, Timnas Garuda dipastikan lolos ke Piala Asia tahun depan.

Indonesia berhasil mengalahkan Nepal berkat kerja sama tim dan gol-gol cantik dari beberapa pemain, seperti Dimas Drajad (menit ke-6), Witan Sulaeman (43' dan 81'), Fachruddin Aryanto (54'), Saddil Ramdani (55'), Elkan Baggott (80'), serta Marselino Ferdinan (90').

Selain itu, hal yang patut dibanggakan adalah Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 sebagai salah satu dari lima runners-up terbaik.

Di klasemen akhir Kualifikasi Piala Asia 2023, Indonesia menempati peringkat kedua Grup A setelah Yordania dan berada di peringkat kelima klasemen runners-up terbaik.

Melansir dari akun Twitter AFC Asian Cup U23 @afcasiancup, tim Garuda akhirnya telah kembali ke kompetisi premier Asia pada ajang Piala Asia setelah terakhir bergabung tahun 2007 lalu. 

Selain Indonesia, empat tim lain yang juga lolos ke Piala Asia tahun depan melalui jalur peringkat kedua terbaik adalah Kyrgyzstan, Malaysia, Thailand, dan Hong Kong.

Shin Tae Yong, pelatih Timnas Garuda menyampaikan bahwa, beliau berusaha membangun skuad Garuda yang lebih kuat untuk menghadapi Piala Asia tahun depan.

Baca Juga: Naturalisasi Sering Dilakukan Pemain Asing Timnas Indonesia, Apa Pengertian dan Syaratnya?

Tak hanya itu, beliau juga akan mempersiapkan tim untuk pergi ke kompetisi Piala Asia tahun depan dengan menunjukkan kekuatan Timnas.

Adapun, Piala Asia 2023 dijadwalkan bakal digelar pada 16 Juni hingga 16 Juli tahun depan.