Fakta Samudra Pasifik: Terdalam, Terbesar, dan Paling Sering Terjadi Badai

By Grace Eirin, Jumat, 1 Juli 2022 | 20:00 WIB
Samudra Pasifik dikenal sebagai samudra terbesar, terdalam di Bumi, dan juga dikenal dengan badai topannya. (Jeremy Bezanger/Unsplash)

Bobo.idSamudra Pasifik yang dikenal sebagai samudra terbesar dan terdalam di Bumi, juga dikenal dengan badai topannya, lo.

Luas Samudra Pasifik membentang 60 juta mil persegi atau 155 juta kilometer persegi dari California ke Tiongkok. 

Manusia tidak pernah bisa mengetahui apa saja yang ada di dalam lautan Pasifik, namun beberapa fakta berikut bisa membuatmu semakin tertarik dengan samudra yang satu ini.

Yuk, cari tahu beberapa fakta tentang Samudra Pasifik dari sini!

Lautan Terbesar di Bumi

Wajar saja Samudra Pasifik disebut lautan terbesar di Bumi, sebab jika seluruh luas wilayah daratan di Bumi digabungkan, luasnya ternyata tidak lebih besar dari samudra Pasifik, lo. 

Nama Pasifik diberikan oleh seorang penjelajah bernama Ferdinand Magellan pada tahun 1520. 

Pasifik atau pacify berarti damai, karena kala berlayar Ferdinand Magellan merasakan ketenangan lautan Pasifik.

Di dalam perairan yang luas dan dalam ini, terdapat berbagai bentuk kehidupan paling unik di bumi yang jarang terjamah oleh manusia. 

Baca Juga: Hebat! Ternyata Hiu Bisa Menjaga Lingkungan Laut Tetap Sehat, Ini Caranya

Sayangnya akibat dari pemanasan suhu permukaan Bumi, banyak mamalia laut seperti berang-berang yang hidup di perairan Pasifik mulai mati.

Selain itu, perairan Pasifik juga menyerap karbon dioksida di udara dan mengubahnya menjadi ion hidrogen, yang bersifat semakin asam setiap waktu.