Tak Perlu Buru-Buru ke Dokter, Ini Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan saat Terkilir

By Amirul Nisa, Senin, 25 Juli 2022 | 16:40 WIB
Keseleo bisa diobati sendiri dengan beberapa cara, namun harus sesuai dengan tingkat keparahan. (rawpixel.com/freepik)

Bobo.id - Keseleo atau terkilir bisa saja terjadi saat teman-teman berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya.

Rasa nyeri saat mengalami keseleo disebabkan adanya masalah pada ligamen, otot, atau jaringan ikat yang menjadi penghubung otot dan tulang.

Cedera keseleo ini biasanya akan terjadi pada area yang paling aktif bergerak, seperti pergelangan kaki atau bagian belakang paha,

Pada kondisi keseleo tidak selalu tiga bagian, yaitu ligamen, tendon, dan otot bermasalah bersama. Tapi bisa jadi hanya satu di antara tiga bagian tersebut yang bermasal.

Karena tiga bagian itu berperan pada keseimbangan, maka saat keseleo teman-teman bisa akan kehilangan keseimbangan khususnya pada area yang cedera.

Ketika ada bagian tubuh yang keseleo, teman-teman memang bisa mengatasi masalah ini di rumah. Tapi sebelum mengetahui cara menobati keseleo sendiri di rumah, simak dulu penjelasan tentang penyebab dan gejala.

Tanpa mengetahui penyebab dan gejala, bisa jadi teman-teman salah mendiagnosis masalah nyeri hingga bengkak, sehingga salah melakukan penanganan.

Penyebab Keseleo.

Umumnya keseleo disebabkan oleh meragangnya ligamen, otot, dan tendon secara berlebihan. Hal ini bisa terjadi saat teman-teman berjalan atau berolahraga di tempat yang tidak rata.

Baca Juga: Jenis-Jenis Patah Tulang, Fraktur Greenstick hingga Fraktur Torus

Atau bisa juga cedera ini terjadi karena pendaratan atau jatuh dengan posisi salah. Bisa juga karena teknik olahraga yang dilakukan salah.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang membuat risiko keseleo menjadi lebih tinggi.