1 Muharram Jatuh pada 30 Juli 2022, Inilah Sejarah Diperingatinya Tahun Baru Islam

By Thea Arnaiz, Kamis, 28 Juli 2022 | 18:50 WIB
Sejarah lengkap bagaimana Tahun Baru Islam diperingati pada 1 Muharram setiap tahunnya. (Foto oleh Towfiqu barbhuiya/pexels)

Bobo.id - Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah diperingati pada 1 Muharram setiap tahunnya.

Di Indonesia sendiri, peringatan Tahun Baru Islam dijadikan hari libur nasional. Pemerintah sudah menetapkan 1 Muharram tahun ini jatuh pada hari Minggu, 30 Juli 2022.

Hal ini merujuk pada Surat Keputusan Bersama (SKB), yang sudah ditandatangani oleh Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi.

Tahun Baru Islam penting bagi umat Islam, karena menandai peristiwa penting yang berkaitan dengan hijrahnya (berpindah tempat) Nabi Muhammad, dari Kota Makkah ke Madinah pada 622 Masehi.

Akibat peristiwa itu, diperingatilah 1 Muharram dalam perhitungan Kalender Hijriah.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Tahun Baru Islam dan Kalender Hijriah, teman-teman bisa menyimak informasi berikut ini. Yuk, simak! 

Pengertian Kalender Hijriah 

Kalender Hijriah pertama kali ditetapkan dan digunakan pada masa pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab, pada tahun 638 Masehi.

Hal ini karena, pemerintahan pada masa itu kesulitan menyimpan surat, sebab hanya tertera tanggal dan bulannya saja tanpa mencantumkan tahunnya.

Baca Juga: Apa Arti Bulan Muharram di Kalender Hijriah? Ketahui Nama-Nama Bulan di Kalender Hijriah

Apalagi, setiap wilayah kekuasaannya saat itu mempunyai sistem penanggalan yang berbeda-beda.

Akhirnya, untuk menyelesaikan masalah ini, dibuatlah kalender berdasarkan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad dari Kota Makkah ke Madinah dan dinamakan sebagai Kalender Hijriah.