5 Fakta Menarik tentang Kantong Teh Celup, Ternyata dari Amerika

By Grace Eirin, Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:00 WIB
Kantong teh pertama kali dipopulerkan oleh seorang pedagang teh dari New York, Amerika Serikat. (Karen Laårk Boshoff/pexels)

Bobo.id - Teman-teman, apakah kamu suka minum teh dengan menggunakan teh celup

Teh celup merupakan istilah untuk cara minum teh dengan mencelupkan kantong berisi potongan-potongan daun teh, pada air mendidih atau panas. 

Teh celup lebih banyak disukai karena cara menyeduhnya yang mudah dan nyaman. Air teh yang kita minum juga lebih bersih dari potongan-potongan daun teh.

Sedangkan, minum teh dengan cara teh tubruk membutuhkan usaha lebih untuk membuatnya, karena perlu tahapan. 

Bahkan tidak jarang, air dari teh tubruk tidak terlalu jernih karena masih ada daun-daun teh yang tercampur.

Masih berhubungan dengan kegiatan minum teh, kali ini kita akan mengenal fakta-fakta menarik tentang kantong teh. Yuk, simak!

1. Berasal dari Amerika

Sebenarnya, paten pertama untuk teh celup bukan dari Amerika, namun ternyata orang yang mempopulerkan teh celup adalah pedagang teh dari Amerika.

Namanya yaitu Thomas Sullivan dari New York. Pada tahun 1908, Thomas mengirimkan sampel teh dengan memasukkan daun-daun teh ke dalam kantong sutra kecil yang diikat. 

Baca Juga: 5 Bahaya Terlalu Banyak Minum Teh, Minum Sesuai Batas Aman untuk Dapatkan Manfaatnya

Tetapi para pelanggannya tidak membuka kantong teh tersebut ketika hendak menyeduhnya. Mereka hanya mencelupkannya ke dalam air panas. 

Tidak disangka, para pelanggan menyukai cara tersebut karena dianggap lebih mudah dan bersih, sehingga teh celup mulai populer.