Dijuluki Ibukota Petir Dunia, Ini Daerah yang Paling Banyak Terkena Sambaran Petir

By Iveta Rahmalia, Selasa, 6 September 2022 | 19:45 WIB
Ada tempat yang paling sering tersambar petir di dunia. (pixabay/Free-Photos)

Bobo.id - Saat langit gelap atau sebelum turun hujan, biasanya ada petir dan kilat yang terlihat. Bahkan, petir bisa menyambar ke lingkungan di bawahnya. 

Contohnya pohon, gedung, atau bangunan tinggi. Kita harus waspada dengan sambaran petir. Sebab, sambaran petir bisa berakibat fatal.

Apakah kamu terbayang kalau harus tinggal di tempat yang sering di sambar petir? Seperti tempat yang akan kita bahas ini. 

Namanya Danau Maracaibo. Danau ini terletak di Venezuela, Amerika Selatan. Dikutip dari Phys, Danau Maracaibo adalah daerah yang paling banyak terkena sambaran petir di dunia, lo. 

Ibukota Petir Dunia

Tempat itu pun kini mendapatkan predikat sebagai ibukota petir dunia, karena hampir selalu terkena sambaran petir.

Danau yang tercatat di Guinness World Record sebagai tempat dengan konsentrasi petir tertinggi ini setidaknya menerima rata-rata 233 kilatan per kilometer persegi setiap tahun.

Tempat yang dikenal juga dengan nama mercusuar Catatumbo itu juga selama berabad-abad telah membantu orang-orang dalam menavigasi perahu mereka melalui kegelapan.

Petir Tanpa Guntur

Namun menariknya fenomena di danau terbesar di Amerika Selatan itu hanya berupa sambaran petir saja dan tak disertai guntur.

Tontonan hening itu pun dapat dinikmati sekitar 300 malam per tahun, dengan puncaknya pada bulan September.

Baca Juga: Diduga Sebabkan Kebakaran, Benarkah TV Tak Boleh Dinyalakan Saat Hujan Disertai Petir?