Cara Menentukan Kata Kunci dalam Iklan Media Cetak dan Manfaatnya, Materi Kelas 5 SD Tema 3

By Fransiska Viola Gina, Rabu, 28 September 2022 | 07:00 WIB
Cara menentukan kata kunci dalam iklan media cetak. (freepik/kaboompics)

Bobo.id - Iklan merupakan informasi yang ditujukan pada masyarakat mengenai barang atau jasa. 

Di dalam iklan harus memuat kata kunci dan gambar yang mendukung agar iklan mudah dipahami oleh masyarakat. 

Kata kunci adalah kata yang digunakan sebagai kunci untuk menghubungkan ke kata lain atau informasi lain. 

Pada materi kelas 5 SD tema 3, akan ada pembahasan tentang iklan, kata kunci, hingga unsur-unsur ikan. 

Kita juga diajak untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana cara menentukan kata kunci dalam iklan media cetak dan manfaatnya.

Berikut ini Bobo akan menjelaskan cara menentukan kata kunci, ciri-ciri, hingga manfaat kata kunci dalam iklan media cetak. Simak, yuk!

Cara Menentukan Kata Kunci dalam Iklan Media Cetak

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), media cetak adalah sarana media massa yang dicetak dan diterbitkan secara berkala. 

Dalam perkembangannya, media cetak itu meliputi surat kabar atau koran dan juga majalah. 

Agar mudah dipahami dan memiliki tujuan yang jelas, iklan harus memiliki kata kunci yang tepat. 

Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menentukan kata kunci dalam iklan media cetak, antara lain:

Baca Juga: 5 Tips Beriklan untuk Produk Makanan agar Menarik Konsumen, Materi Kelas 6 SD/MI

1. Membaca Kalimat dengan Teliti

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menentukan kata kunci dalam media cetak adalah membaca iklan dengan teliti. 

Jika belum mengetahui isi iklan dengan baik, kita bisa mengulang membaca iklan tersebut hingga beberapa kali. 

Hal ini dilakukan agar teman-teman dapat segera menemukan kata kunci yang ada pada iklan media cetak. 

2. Menentukan Tema Iklan

Seperti kita tahu, tema merupakan pokok pikiran atau dasar dari sebuah cerita, teman-teman. 

Setelah membaca kalimat iklan dengan teliti, kita harus menentukan tema dari iklan yang kita baca. 

Ada beragam tema iklan media cetak, mulai dari untuk perdagangan, layanan masyarakat, dan sebagainya. 

3. Memahami Tujuan Iklan

Sama seperti karya lainnya, dalam pembuatan iklan juga pasti ada tujuan yang ingin dicapai pembuatnya. 

Untuk mempermudah menemukan kata kunci, teman-teman perlu mengetahui tujuan dari iklan media cetak itu. 

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 3, Menjawab Pertanyaan Berdasarkan Iklan 'Pentingnya Air untuk Kita'

4. Menemukan Kata-Kata yang Menjadi Fokus Iklan

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menemukan kata-kata yang menjadi fokus iklan. 

Umumnya, kata itu akan diulang-ulang dalam iklan. Nah, jenis kata inilah yang biasanya berhubungan dengan kata kunci iklan. 

Jika semua tahap telah dilakukan, maka teman-teman akan mudah menemukan kata kunci dan tema dalam iklan. 

Ciri-Ciri Kata Kunci dalam Iklan Media Cetak

Untuk lebih mudah dalam menentukan kata kunci dalam iklan media cetak, berikut ini ciri-cirinya:

- Terdiri dari satu atau dua buah kata yang membentuk frase kata. 

- Mengandung kata-kata unik yang terdapat dalam sebuah iklan. 

- Memiliki sebagian besar atau keseluruhan konsep informasi. 

- Menggunakan kalimat dan kata efektif atau berpengaruh.

- Kata yang digunakan sesuai dengan tujuan iklan. 

Baca Juga: Jenis-Jenis Iklan Elektronik Berdasarkan Media yang Digunakan, Materi Kelas 5 SD Tema 9

Manfaat Kata Kunci dalam Iklan Media Cetak

Iklan tak hanya memberikan sedikit informasi, sebaliknya banyak kalimat penting di dalam iklan. 

Meski begitu, hampir sebagian besar dari kita yang tidak bisa mengingat suatu iklan sehingga dibutuhkan kata kunci. 

Kata kunci di dalam iklan ibarat inti dari iklan yang bertujuan agar para pembacanya mengingat iklan itu. 

Dengan mengingat intinya, tinggi kemungkinan pembaca akan membeli produk yang ditawarkan dalam iklan. 

Contohnya, iklan layanan masyarakat tentang pentingnya mencuci tangan pada saat wabah Covid-19. 

Dengan tampilan iklan yang baik dan pemilihan kata kunci yang tepat, masyarakat akan sadar pentingnya mencuci tangan. 

Secara sederhana, manfaat kata kunci dalam iklan media cetak, antara lain:

- Menarik simpati pembaca iklan. 

- Memudahkan pembaca menemukan maksud dan tujuan iklan. 

- Membantu pembaca untuk memahami dan mengingat iklan. 

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi tentang Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom

Nah, itulah cara menentukan kata kunci dalam iklan media cetak dan manfaatnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat, ya. 

----

Kuis!

Apa yang dimaksud dengan kata kunci?

Petunjuk: cek di halaman 1!

Tonton video ini, yuk!

----

Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.