Jangan Anggap Sepele, 5 Tanda pada Tubuh Ini Tunjukkan Gejala Dehidrasi

By Grace Eirin, Minggu, 9 Oktober 2022 | 17:00 WIB
Dehidrasi dapat dialami oleh semua orang. (Artem Podrez/Pexels)

Bobo.id - Dehidrasi adalah kondisi kehilangan banyak cairan tubuh, sementara tidak banyak cairan yang masuk. 

Tubuh memiliki kandungan air sebanyak 55 sampai 80 persen dari total berat badan. 

Fungsi cairan di dalam tubuh adalah untuk membantu sistem pencernaan, mengeluarkan kotoran dan racun, menjaga suhu tubuh, dan melumasi sendi.

Nah, cairan di dalam tubuh kita dapat berkurang karena urine, keringat, serta kondisi gangguan kesehatan seperti muntah dan diare. 

Menurut National Institutes of Health, setiap harinya ginjal menyaring 120 hingga 152 liter darah untuk menghasilkan 1 hingga 2 liter urine

Artinya, urine yang seharusnya terbuang dari tubuh setiap harinya juga mencapai 2 liter.

Jika kita kehilangan hingga 2 liter cairan sementara kita tidak minum untuk mengembalikan cairan tubuh, maka terjadilah dehidrasi.

Ada beberapa gejala yang menandakan tubuh sebenarnya mengalami dehidrasi dan butuh minum. Namun, sebagian orang menyepelekan gejala ini. Apa saja gejalanya? Yuk, cari tahu!

1. Jarang Buang Air Kecil

Orang yang banyak minum biasanya juga sering buang air kecil. Jadi, jika kamu mengalami jarang buang air kecil, pastikan lagi apakah kamu sudah minum?

Kita membutuhkan asupan cairan untuk tubuh setiap harinya hingga 2 liter, sebab urine yang seharusnya terbuang dari tubuh juga mencapai 2 liter. 

Baca Juga: Kenapa Orang Bisa Ngiler Saat Tidur? Ternyata Ini 6 Penyebabnya