Penyakit yang Mungkin Terjadi Apabila Seseorang Terlalu Banyak Menghirup Asap Hasil Kebakaran Hutan, Materi IPAS Kelas 5 SD

By Thea Arnaiz, Sabtu, 29 Oktober 2022 | 08:30 WIB
Kunci jawaban materi IPAS kelas 5 SD, kebakaran hutan menyebabkan gangguan kesehatan, apa jadinya jika seseorang terlalu banyak menghirup asap kebakaran? (Gustavo Fring/pexels)

Bobo.id - Salah satu cara untuk menjaga kesehatan sistem pernapasan adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan dari polusi.

Tidak hanya lingkungan rumah yang dibersihkan dari debu setiap harinya dan memastikan sirkulasi udara lancar.

Tetapi juga lingkungan luar rumah dengan memastikan banyak tumbuhan hijau di sekitar. Sebab, tumbuhan hijau dapat menghasilkan oksigen yang kita dibutuhkan.

Tapi, bagaimana jika kita menghirup terlalu banyak asap polusi?

Pembahasan tentang pernapasan manusia akan dipelajari pada pelajaran Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas 5 SD, Kurikulum Merdeka, Bab V: Bagaimana Kita Hidup dan Bertumbuh, tepatnya Uji Pemahaman halaman 160.

Nantinya, kita akan mengerjakan soal latihan dan mencari tahu apa kunci jawabannya.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku. Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya?

Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya.  

Pada tanggal 14 September 2019 lalu, beberapa wilayah hutan di Indonesia mengalami kebakaran hutan dan menyebabkan polusi udara serius. Asap yang dihasilkan dari kebakaran hutan di wilayah Riau membuat beberapa wilayah di Singapura terkena dampaknya. Ratusan orang di Singapura harus menjalani perawatan di rumah sakit akibat terlalu banyak menghirup gas yang beracun. 

Menurut kalian kira-kira penyakit apa yang mungkin terjadi apabila seseorang terlalu banyak menghirup asap hasil kebakaran hutan? 

Jawaban: 

Baca Juga: Apakah Lingkungan Sekitar dapat Memengaruhi Kesehatan Organ Pernapasan?