Jenisnya Mencapai Triliunan, Mengapa Serangga Bisa Berkembang Pesat di Bumi?

By Grace Eirin, Selasa, 1 November 2022 | 18:15 WIB
Serangga mendominasi jumlah hewan di dunia. (Skyler Ewing/pexels)

Bobo.id - Jika ada pertanyaan hewan apa yang jumlahnya paling banyak di Bumi? Maka jawabannya adalah serangga. 

Dilansir dari National Geographic, diperkirakan saat ini ada 10 triliun serangga yang hidup di Bumi dan tinggal di hampir setiap habitat yang ada!

Menurut penelitian ilmuwan, ada satu juta spesies yang sudah diteliti, namun perkiraan empat juta spesies lain masih belum dikategorikan. 

Semua serangga yang sudah diteliti termasuk ke dalam filum Arthropoda, namun bukan seperti lobster, laba-laba, atau kaki seribu. 

Kebanyakan serangga mempunyai tiga oasang kaki, badan yang punya beberapa bagian, kerangka luar, sepasang antenan, dan biasanya dilengkapi satu hingga dua pasang sayap. 

Fosil serangga tertua ditemukan di Skotlandia, berusia antara 408-438 juta tahun yang lalu. Sementara fosil bersayap tertua berasal dari 330 juta tahun yang lalu.

Penemuan ini menunjukkan bahwa serangga adalah salah satu hewan pertama yang meninggalkan lautan menuju daratan sekitar 400 juta tahun lalu. 

Dari fakta-fakta di atas, diketahui serangga mendominasi jumlah hewan di dunia karena hewan dari jenis yang lain tidak mencapai jumlah tersebut.

Bahkan serangga disebut sebagai salah satu hewan yang berhasil selamat dari kepunahan.

Kenapa ada banyak sekali jenis serangga di dunia, ya? Bagaimanakah cara serangga dapat terus berkembang dan tidak punah?

Yuk, cari tahu jawaban pertanyaan menarik di atas dari penjelasan artikel berikut!

Baca Juga: Sistem Peredaran Darah pada Serangga, Ini Penjelasan Lengkapnya