Jangan sampai Lengah, Ini 5 Tanda Tubuh Dehidrasi yang Bisa Berbahaya

By Iveta Rahmalia, Minggu, 6 November 2022 | 20:10 WIB
Tubuh yang mengalami dehidrasi, bisa mendatangkan bahaya. Jika tidak segera ditangani, bisa memicu gangguan ginjal. Apa saja tanda dehidrasi? (Pixabay.com)

Bobo.id -  Apakah teman-teman sudah minum cukup hari ini? Jangan sampai kurang, ya. Kalau kurang, kita bisa mengalami dehidrasi.

Dehidrasi adalah kondisi kehilangan banyak cairan tubuh sementara tidak banyak cairan yang masuk. 

Bersumber dari Klikdokter, dehidrasi bisa berdampak pada penyakit batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Jika keadaan ini tidak segera ditangani, gagal ginjal pun dapat terjadi.

Tahukah teman-teman? Tubuh memiliki kandungan air sebanyak 55-80 persen dari total berat badan. 

Fungsi cairan di dalam tubuh adalah membantu sistem pencernaan, mengeluarkan kotoran dan racun, menjaga suhu tubuh, dan melumasi sendi. 

Nah, cairan di dalam tubuh kita dapat berkurang karena urine, keringat, serta kondisi gangguan kesahatan seperti muntah dan diare. 

Setiap harinya, ginjal menyaring 120-152 liter darah untuk menghasilkan 1-2 liter urine. Artinya, urine yang seharusnya terbuang dari tubuh setiap harinya juga mencapai 2 liter. 

Jika kita kehilangan hingga 2 liter cairan, sementara kita tidak minum untuk mengambalikan cairan tubuh, maka terjadilah dehidrasi.

Ada beberapa gejala yang menandakan tubuh sebenarnya mengalami dehidrasi dan tubuh kurang minum. 

Namun sebagian orang menyepelekan gejala ini. 

Apa saja gejalanya, ya?  Yuk, cari tahu di video ini: 

Baca Juga: Akibat Kekurangan Cairan dalam Tubuh, Materi Kelas 3 SD Tema 3