3 Klasifikasi Seni Rupa Berdasarkan Waktu Perkembangannya, Apa Saja?

By Niken Bestari, Selasa, 22 November 2022 | 14:30 WIB
Apa saja 3 klasifikasi seni rupa berdasarkan waktu perkembangannya? Pelajari klasifikasi seni rupa berikut ini. (Freepik)

Bobo.id - Pada pelajaran seni rupa kelas 10 kurikulum Merdeka, kita belajar mengenai jenis-jenis seni rupa.

Salah satunya adalah klasifikasi seni rupa berdasarkan waktu perkembangannya. Apakah teman-teman sudah tahu klasifikasi seni rupa berdasarkan waktu perkembangannya?

Sebelum membahas klasifikasi seni rupa, kita ketahui pengertian seni rupa dulu, yuk!

Pengertian Seni Rupa

Seni rupa adalah hasil dari karya ciptaan manusia, baik yang berbentuk dua dimensi maupun tiga dimensi.

Setiap karya seni rupa mempunyai nilai-nilai keindahan yang diwujudkan dalam bentuk visual sehingga bisa dirasakan melalui penglihatan.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai klasifikasi seni rupa berdasarkan waktu perkembangannya yang menjadi materi seni rupa kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka.

Unsur-unsur seni rupa bermacam-macam, yaitu mulai dari unsur garis, warna, bidang, tekstur, dan volume. Seni rupa pun bisa membuat dampak pada olah rasa dan olah pikir seseorang.

Selain itu, hampir semua benda, bangunan, pakaian, dan berbagai peralatan dibuat dengan mempertimbangkan nilai-nilai estetikanya.

Seni rupa adalah ilmu yang terus berkembang dan dinamis mengikuti perkembangan zaman. Oleh sebab itu, seni rupa diklasifikasikan ke berbagai macam, salah satunya adalah klasifikasi seni rupa berdasarkan waktu perkembangannya. Apa saja?

Klasifikasi Seni Rupa Berdasarkan Waktu Perkembangannya

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 3, Alat dan Bahan yang Diperlukan dalam Proses Pembuatan Batik