Apa Itu Blue Light pada Layar Ponsel yang Bisa Sebabkan Mata Lelah?

By Niken Bestari, Rabu, 23 November 2022 | 18:00 WIB
Memainkan ponsel sebelum tidur adalah kebiasaan yang kurang baik karena blue light bisa merusak mata. (Freepik)

Bobo.id - Tahukah teman-teman apa itu blue light atau sinar biru serta dampaknya pada mata kita?

Teman-teman pasti tahu bahwa kita tidak disarankan untuk menatap layar ponsel terlalu lama, apalagi menatap layar ponsel sebelum tidur. Salah satunya adalah adanya blue light pada layar ponsel yang membuat mata tidak nyaman.

Untuk itulah, beberapa ponsel memiliki teknologi blue light protection atau perlindungan sinar biru. Walaupun terkesan sepele, dampak blue light pada mata ini cukup signifikan atau terasa, lo.

Sebenarnya apa sih blue light itu? Dirangkum dari situs WebMD.com, blue light adalah sinar biru yang dipancarkan oleh layar perangkat digital seperti TV LED, laptop, ponsel (smartphone), tablet, dan perangkat gawai lainnya.

Mata manusia pada umumnya peka terhadap satu bagian dalam spektrum gelombang cahaya, yaitu visible light atau cahaya tampak.

Blue light atau sinar biru adalah golongan dari sebagai high-energy visible light (HEV light) yang spektrum gelombang yang pendek sekitar 415 hingga 455 nm.

Meski gelombangnya pendek, blue light memiliki tingkat energi yang tinggi, sehingga sinar biru sebenarnya cukup berbahaya bagi kesehatan manusia, terutama kesehatan mata.

Sebenarnya, blue light ini berguna bagi manusia. Matahari juga menghasilkan blue light yang meningkatkan suasana hati dan tenaga, serta berkaitan dengan ritme jam biologis tubuh.

Oleh sebab itu, kita akan tetap terjaga di pagi dan siang hari untuk beraktivitas. Dampak buruk dari blue light adalah jika kita terpapar terlalu banyak, misalnya dari layar ponsel.

Dampak Buruk Blue Light

Perangkat elektronik yang memiliki layar LED memiliki teknologi blue light supaya layar bisa terlihat terang dan jelas.

Baca Juga: Bisa Mengancam Keselamatan, Ini 7 Tempat Terlarang Menyimpan Ponsel, Salah Satunya di Jok Motor